Sistem Hanud Turki Diperkuat Rudal Jarak Jauh, Begini Kemampuan Hulu Ledaknya

Sistem Hanud Turki Diperkuat Rudal Jarak Jauh, Begini Kemampuan Hulu Ledaknya

Foto : Rudal jaral jauh.-Sistem Hanud Turki Diperkuat Rudal Jarak Jauh, Begini Kemampuan Hulu Ledaknya-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Setelah tertunda satu tahun, Komando Pertahanan Angkatan Udara Turki dikabarkan akan mulai mengoperasikan sistem rudal hanud jarak jauh Siper pada akhir tahun 2024. Siper digadang untuk dapat mengimbangi sistem hanud S-400 yang telah eksis digunakan arhanud Turki.

Dalam beberapa tahun terakhir, Turki telah mengembangkan dan memperoleh berbagai sistem pertahanan udara, termasuk Gürz, Korkut, Sungur, dan Hisar.

Dari laman Armyrecognition.com, pada 28 Februari 2024, Ahmet Akyol, General Manager Aselsan, memberikan informasi terkini tentang sistem hanud jarak jauh. Dia menyatakan bahwa sistem Siper dijadwalkan akan beroperasi di Komando Angkatan Udara Turki pada akhir tahun 2024.

Selain itu, Akyol mengonfirmasi dimulainya pengembangan rudal Siper Block-3, meskipun kemampuan spesifik dari rudal baru ini tidak diungkapkan.

BACA JUGA:Taiwan Gelar Sistem Hanud Titik Berbasis Laser 50 Kw, Hadapi Drone Cina,

Sistem hanud rudal jarak jauh Siper dirancang untuk mempertahankan aset strategis dari berbagai ancaman udara, seperti pesawat terbang, rudal jelajah, rudal udara ke darat, dan drone.


Foto : Rudal jaral jauh.-Sistem Hanud Turki Diperkuat Rudal Jarak Jauh, Begini Kemampuan Hulu Ledaknya-Indomiliter.com

Arsitektur sistem hanud Siper dirancang terdistribusi, memungkinkan opsi penerapan yang fleksibel, mengakomodasi penempatan jarak dekat dan jarak jauh.

Sistem ini mendukung beberapa pertempuran simultan dan penembakan berturut-turut, dan dapat diintegrasikan dengan kebutuhan angkatan udara, angkatan laut, dan darat untuk komando dan kendali terkoordinasi melalui tautan data taktis.

Struktur sisten hanud Siper disusun menjadi Command and Control Level dan Battery Level. Command and Control Level mencakup Command and Control Center and Long Range Surveillance Radar untuk operation management and threat surveillance.

BACA JUGA:Ukraina Dibikin Kewalahan, Dua Peluncur Rudal Hanud Patriotnya Hancur di Donetsk, Dihantam Iskander-M Rusia

Sementara Battery Level berisi Fire Control Center, Fire Control Radar, Missile Launching System, Missile Transport Loading System, Long Range Missiles, Communication Systems.

Termasuk support equipment, dan Class Type Training Center, semuanya dirancang untuk mendukung kebutuhan dan kesiapan operasional.

Integrasi sistem Siper dikaitakan dengan radar networks dan high-value broadcast systems (HvBS) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan deteksi dan pelacakan, menyediakan kerangka pengawasan dan keterlibatan yang luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: