Israel Dibikin Panik, Membabi Buta Gempur Hamas Dengan Lahav, Self Propelled MLRS Multi Kaliber

Israel Dibikin Panik, Membabi Buta Gempur Hamas Dengan Lahav, Self Propelled MLRS Multi Kaliber

Yang dilengkapi hulu ledak berdaya ledak 20 kg dan jangkauan luncur sampai 35 km, meliputi Jalur Gaza dari ujung ke ujung. Segera, IDF berencana menggantinya dengan roket “Bar” yang lebih canggih dan lebih baik.

BACA JUGA:AM-50 Sayyad, Senapan Sniper Hamas Mampu Lumpuhkan Ranpur Lapis Baja Ringan

Sebaliknya, Ra’am Eitan adalah roket dengan 227 mm, membawa 6 roket per pod dan dirancang untuk penyebaran bom cluster, dengan jangkauan 40 km, memfasilitasi jalur yang lebih aman bagi pasukan di medan perang.

Ra’am Eitan belum digunakan tetapi dikerahkan di bagian utara negara itu sebagai tindakan pencegahan terhadap ancaman Hizbullah.

Sejak awal konflik, Lahav MLRS telah menembakkan lebih dari seratus roket besar jarak jauh “Romah” dengan akurasi tinggi terhadap puluhan sasaran di Jalur Gaza.

Roket-roket ini merupakan peningkatan dibandingkan dengan yang digunakan dalam Perang Lebanon Kedua.

BACA JUGA:Ancaman Israel kepada 3 Negara yang Ikut Campur dalam Konflik Gaza-Hamas, Negara Apa Saja?

Lahav juga dapat menggunakan tiga roket lainnya – Kidon Kesum 160mm, dilengkapi dengan 10 roket per pod, membawa hulu ledak eksplosif seberat 35 kg dan mencapai jangkauan 40 km.

Roket EXTRA, dengan kaliber 306 mm, berisi 4 roket per pod, masing-masing dipersenjatai dengan hulu ledak berdaya ledak 120 kg, yang mampu mencapai jarak antara 30 dan 150 km.

Terakhir, roket Nitz Dors (atau Netz Doras), dengan kaliber 370 mm, membawa 2 roket per pod, dilengkapi hulu ledak berdaya ledak 140 kg dan jangkauan 50 hingga 300 km.

Lahav dikembangkan oleh Tadiran Systems, yang sekarang merupakan anak perusahaan Elbit Systems, bekerja sama dengan Elbit Systems, peluncur roket MLRS Lahav telah memantapkan dirinya sebagai aset IDF sejak diperkenalkan pada tahun 2020.

BACA JUGA:Mengupas Isi Kesepakatan Israel-Hamas yang Menyelubungi Konflik di Jalur Gaza, Cek Disini!

Dipasang pada truk Oshkosh HEMTT 8×8, Lahav memiliki spesifikasi yang menonjol. Berukuran panjang 10,4 meter dan lebar 2,4 meter, Lahav lincah dan mampu mencapai kecepatan hingga 100 km per jam.

Kelincahan ini berkat sokongan mesin diesel Caterpillar C15 yang kokoh, menghasilkan daya 515 kW, memastikan mobilitas tinggi dan kemampuan beradaptasi di berbagai medan.

Sistem navigasi canggih pada Lahav, menggabungkan navigasi inersia dan teknologi GPS, semakin meningkatkan kemampuan operasionalnya, memastikan penentuan posisi dan penargetan yang akurat bahkan di lingkungan yang menantang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: