Sukses Luncurkan Satelit Mata-Mata Dengan Roket Falcon 9, Kabarnya Kosel Mau Saingi Korut

Sukses Luncurkan Satelit Mata-Mata Dengan Roket Falcon 9, Kabarnya Kosel Mau Saingi Korut

Foto : Peluncuran satelit mata mata.-Sukses Luncurkan Satelit Mata-Mata Pertamanya Dengan Roket Falcon 9, Katanya Korsel Mau Tandingi Korut-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Korea Selatan meluncurkan satelit mata-mata (spy satellite) pertamanya ke luar angkasa pada hari Jumat (1/12/2023)

Kurang lebih seminggu setelah Korea Utara mengklaim untuk pertama kalinya menempatkan satelit mata-matanya Malligyong-1 ke orbit ketika ketegangan meningkat di antara kedua negara yang bersaing tersebut.

Dikutip kccu.org, satelit mata-mata Korea Selatan diluncurkan dari Vandenberg Space Force Base di California menggunakan roket Falcon 9 SpaceX.

Peluncuran satelit mata-mata pada hari Jumat lalu merupakan unit pertama dari total lima satelit mata-mata yang akan diluncurkan Korea Selatan sampai tahun 2025.

BACA JUGA:Punya Satelit Mata-Mata, Korea Utara Pamerkan Foto-Foto Obyek Strategis Di Wilayah AS

Berdasarkan kontral dengan SpaceX. Peluncuran roket Falcon 9 pada hari Jumat lalu sempat tertunda lantaran kondisi cuaca.

Selama ini, Korea Selatan tidak memiliki satelit pengintaian militer di luar angkasa. Untuk kebutuhan akses pengintaian dari luar angkasa, selama ini menggunakan jasa satelit mata-mata Amerika Serikat untuk memantau pergerakan Korea Utara.


Foto : Peluncuran satelit mata mata.-Sukses Luncurkan Satelit Mata-Mata Pertamanya Dengan Roket Falcon 9, Katanya Korsel Mau Tandingi Korut-Indomiliter.com

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menggambarkan peluncuran tersebut berhasil, dan mengatakan bahwa satelit tersebut telah berkomunikasi dengan stasiun bumi yang berada di luar wilayah Korea Selatan.

Satelit tersebut akan beroperasi antara 400 dan 600 kilometer (370 mil) di atas Bumi, dapat mendeteksi objek sekecil 30 sentimeter.

BACA JUGA:Korea Utara Sukses Luncurkan Malligyong-1”, Satelit Mata-Mata Pertama

Kementerian Pertahanan mengatakan peluncuran tersebut memungkinkan militer Korea Selatan memperoleh sistem pengawasan independen berbasis ruang angkasa.

Dikatakan bahwa satelit tersebut juga akan membantu meningkatkan kemampuan pencegahan serangan rudal balistik, yang merupakan bagian penting dari apa yang disebut sistem tiga sumbu yang mencakup pertahanan rudal dan kemampuan pembalasan besar-besaran.

Peluncuran satelit mata-mata oleh Korea Utara langsung memicu kecaman keras dari AS, Korea Selatan, dan negara-negara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: