Sebelum Berlabuh ke Palestina, Begini Persiapan KRI Dr. Radjiman Wedyodiningrat Untuk Misi Keselamatan

Sebelum Berlabuh ke Palestina, Begini Persiapan KRI Dr. Radjiman Wedyodiningrat Untuk Misi Keselamatan

Foto : Pengecatan Kapal Rumah sakit Indonesa.-Sebelum Berlabuh ke Palestina, Begini Persiapan KRI Dr. Radjiman Wedyodiningrat Untuk Misi Keselamatan-Indomiliter.com

“Kami belum tahu negaranya, masih menunggu izin dari pemerintah Mesir terutama, karena Mesir dianggap yang terdekat dengan perbatasan Gaza. Mungkin nanti (ditempatkan) di El Arish,” ucap Ali. “Kalau Mesir sudah membuka izin, maka kapal akan berangkat.

BACA JUGA:Tunggu Perintah Misi Kemanusian, TNI AL Siapkan Kapal Rumah Sakit KRI Dr Radjiman Wedyodiningrat 992 ke Palest

Ini merupakan pertama kalinya kapal rumah sakit TNI AL dikerahkan dalam misi jarak jauh, dan secara khusus dicat putih dengan logo besar palang merah.

Namun, tahukah Anda, bahwa sebelum kapal hidro oseanografi KRI Dewa Kembar 932 resmi memperkuat arsenal TNI AL pada 10 September 1986.

Maka saat masih digunakan oleh Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) dengan nama HMS Hydra A144, kapal ini pernah difungsingkan sebagai kapal rumah sakit.

Persisnya HMS Hydra berperan sebagai kapal rumah sakit dalam mendukung pergerakan pasukan Inggris saat berlansungnya perang Malvinas (Falkland) di tahun 1982.

BACA JUGA:Dilengkapi Sistem Senjata Canon, Begini Kekuatan Korvet KRI Sultan Thaha Syaifuddin 376 Saat Uji Tembak

Karena kebutuhan yang mendesak dalam operasi di seberang lautan, HMS Hydra yang kodranya adalah kapal survei dan riset bawah laut.

Fungsinya dialihkan sebagai kapal rumah sakit. Kapasitasnya yang mampu membawa penumpang hingga ratusan dan adanya helipad plus hangar menjadi keputusan dipilihnya HMS Hydra sebagai kapal rumah sakit.

Proses modifikasi dari kapal survei menjadi kapal rumah sakit berlangsung di pangkalan angkatan laut Portsmouth.

BACA JUGA:Sindikat Bandar Ekstasi yang di Jakarta Selatan Berhasil Diringkus Bareskrim Polri

Modifikasi yang dilakukan mencakup perubahan cat, pemberian identitas palang merah, dan menghilangkan starboard engine.

HMS Hydra memulai pelayaran jarak jauh ke Falkland pada 24 April 1982. Dengan dukungan helikopter Westland Wasp, cukup banyak nyawa prajurit Inggris yang berhasil di evakuasi dan kemudian mendapat perawatan medis di kapal ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: