FISIP UIN RF Ajak BPBD Pagaralam Sosialisasi Mitigasi Bencana Literasi Media di SMA

FISIP UIN RF Ajak BPBD Pagaralam Sosialisasi Mitigasi Bencana  Literasi Media di SMA

FISIP UIN RF Ajak BPBD Pagaralam Sosialisasi Mitigasi Bencana Literasi Media di SMA.--

FISIP UIN RF Ajak BPBD Pagaralam Sosialisasi Mitigasi Bencana  Literasi Media di SMA 

PAGARALAM,PAGARALAMPOS.COM - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (RF) melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Prodi Ilmu Komunikasi melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Pagaralam, melalui  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pagaralam, khususnya dalam melakukan  sosialisasi mitigasi literasi di kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMA) setempat. 

Hal ini diungkapkan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UIN Raden Fatah Reza Aprianti, M.A, didampingi Sekprodi Eraskaita Ginting, M.I.Kom, beserta enam dosen ilmu komunikasi lainya, Senin  20 November 2023. 

Menurut dia, tentunya dengan telah terlaksananya perjanjian kerja sama  antara Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang dengan BPBD Kota Pagaralam akan dapat mendukung terwujudnya tujuan Tridharma perguruan tinggi. 

BACA JUGA:Pesona Jambi, Inilah Keajaiban Alam dan Budaya 7 Tempat yang Sangat Memukau, Ini Selengkapnya!

"Mengingat kerjasama yang kami lakukan  tersebut untuk memenuhi tujuan perguruan tinggi yang merupakan bagian dari Tridharma yaitu meliputi  pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat," kata dia. 

Ia mengatakan, melalui penandatanganan PKS yang telah dilaksanakan antara UIN dan BPBD Pemkot Pagaralam akan dapat mendukung kemajuan di kedua instansi ini khususnya dalam  menanggylanci bencana. 

"Pelaksaan penandatangan kerjasama  berlangsung di gedung Kantor BPBD Kota Pagaralam yang dihadiri oleh Kepala BPBD Kota Pagaralam Bapak Jon Hasman, S.IP., M.M, Hupis Hairulogi, S.E., M.M selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan PBK, Staff BPBD. Sedangkan, dari  dari Prodi Ilmu Komunikasi dihadiri Ketua Program Studi, Sekprodi, beserta 6 dosen ilmu komunikasi lainya," kata dia. 

Dia mengatakan, PKS  tersebut langsung ditindaklanjuti dengan dilakukannya Sosialisasi Mitigasi Bencana dengan Literasi Media di SMA. 

BACA JUGA:Punya Pemandangan yang Eksotis, Inilah 7 Wisata di Jambi yang Jadi Favorit Pelancong!

"Ada dua SMA yang menjadi tempat sosialisasi mitigasi bencana literasi Media yaitu  SMA N 1 dan SMA N 4 PagaralamPagaralam," ujar dia. 

Lanjut dia,  adapun tujuan kegiatan ini merealisasikan pengabdian kepada masyarakat mandiri oleh dosen prodi ilmu komunikasi untuk mengedukasi para pelajar di Kota Pagaralam terhadap mitigasi bencana dan literasi media agar terjadi penanggulangan dan pengurangan resiko jika terjadi bencana. 

Sementara itu Kepala BPBD Kota Pagaralam, Jon Hasman SIP MM mengatakan memang Pagaralam merupakan daerah rawan bencana alam khususnya letusan gunung berapi sehingga perlu melibatkan semua pihak untuk penanggulanganya termasuk UIN Raden Fatah salah satu perguruan tinggi di Sumsel. 

BACA JUGA:Gak Bakal Salah Pilih Lagi! 3 Merk Ban Motor ini Paling Terbaik yang Cocok Buat kamu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: