Jarang Diketahui! Inilah 6 Manfaat Konsumsi Jamur Tiram yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui! Inilah 6 Manfaat Konsumsi Jamur Tiram yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui! Inilah 6 Manfaat Konsumsi Jamur Tiram yang Baik untuk Kesehatan Tubuh -Foto: net-

Studi berjudul Dietary fiber, atherosclerosis, and cardiovascular disease yang terbit pada Nutrients menunjukkan bahwa, makanan utuh berserat, seperti jamur, memberikan manfaat kesehatan karena mengandung sedikit kalori.

BACA JUGA:Polri Cegah Korupsi dalam Program Pupuk Subsidi dan Tata Kelola BUMD

Jamur mengandung senyawa beta-glucan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengurangi kolesterol, risiko terjadinya penyumbatan arteri dan penyakit jantung dapat berkurang. 

Selain itu, jamur juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel jantung dari kerusakan yang akibat radikal bebas. Makanan ini menjadi pilihan tepat untuk pola makan yang lebih sehat.

3. Kaya antioksidan

Jamur tiram juga kaya akan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan fenolat. Antioksidan merupakan zat yang penting untuk melawan radikal bebas, yang menjadi penyebab penyakit seperti kanker. 

BACA JUGA:Terekam Radar AWACS, Rusia Tembak Jatuh sasaran

Jamur tiram mengandung jumlah antioksidan yang lebih tinggi daripada jenis jamur budidaya lainnya. Itulah mengapa jamur tiram sering digunakan dalam begitu banyak suplemen makanan.

Selain itu, jamur tiram juga adalah sumber ergothioneine yang baik. Ergothioneine merupakan jenis asam amino yang memiliki aktivitas antioksidan yang kuat.

Ketahui lebih lanjut tentang manfaat antioksidan lainnya dalam artikel ini: Mengenal 10 Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit.

4. Memperkuat sistem imun tubuh

Manfaat jamur tiram untuk memperkuat sistem imun tubuh juga tidak terlepas dari kandungan sejenis serat beta-glukan yang bernama pleuran. Jenis beta-glukan ini sudah terbukti memiliki sifat modulasi kekebalan.

BACA JUGA:Inilah Destinasi Wisata Surabaya yang Wajib Kamu Datangi Saat Liburan

Zat tersebut bisa memperbaiki gejala dari infeksi virus, seperti infeksi virus herpes simpleks 1 dan infeksi saluran pernapasan. Selain itu, jamur tiram juga memiliki efek antivirus dan antibakteri.

5. Meningkatkan kesehatan kognitif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: