Israel Hancurkan Gedung Di Gaza Dengan Smart Bom Rafael SPICE-2000

Israel Hancurkan Gedung Di Gaza Dengan Smart Bom Rafael SPICE-2000

PAGARALAM,POS.COM - Serangan balasan Israel terhadap sasaran yang diduga basis milisi Hamas terus berlanjut. Seolah ingin meluapkan kemurkaan, militer Negeri Yahudi telah menggunakan jenis senjata berpresisi untuk mengeliminasi sejumlah sasaran di Jalur Gaza, Palestina.

Setelah rudal Hellfire dan Spike NLoS, dari rekaman video yang beredar, disebut Israel menggunakan bom pintar (smart bomb) SPICE-2000.

Dari rekaman video yang beredar di jejaring sosial, nampak SPICE-2000 yang dikepaskan dari jet tempur, telah menghancurkan sebuah gedung di Gaza.

Titik serangan bom pintar ini mengambil sudut samping dari gedung, sehingga efek ledakannya mampu merobohkan pilar-pilar bangunan.

BACA JUGA:Aselsen Sukses Uji Serangan Drone Kamikaze Albatros USV Di Laut Mediterania

Tidak disebutkan tentang korban jiwa atau luka. Namun, pola serangan Israel dengan menggunakan bom pintar di wilayah Palestina sudah jamak dilakukan dalam konflik terdahulu.

SPICE (Smart, Precise Impact, Cost-Effective)-2000 adalah produksi Rafael Advanced Defense Systems, Israel. Dan uniknya, pengguna bom pintar ini hanya dua di dunia, yakni Israel dan India.


Foto : Penampakan smart bom.-Israel Hancurkan Gedung Di Gaza Dengan Smart Bom Rafael SPICE-2000-Indomiliter.com

SPICE family acap kali digunakan Angkatan Udara Israel untuk melakukan serangan udara ke permukaan dengan menggunakan F-16 Fighting Falcon.

BACA JUGA:Diembargo Kanada, Turki Gunakan Sensor Optik Hensoldt Argos II Dari Jerman

Menyandang predikat bom, SPICE-2000 tidak dilengkapi tenaga pendorong. Sistem pemandu SPICE-2000 diklaim sebagai salah satu yang terbaik di segmen bom pintar, dimana bom ini menggabungkan panduan dari satellite guidance dan electro-optical guidance.

Masuk dalam komponen electro-optical guidance adalah penggunaan CCD/infrared homing. Penggabungan dua kombinasi pemandu menjadikan tingkat akurasi perkenaan pada sasaran cukup tinggi, yaitu dengan circular error probable 3 meter.

Karena terbilang senjata yang canggih, hanya segelintir jet tempur yang dapat membawa bom pintar ini, sebut saja ada nama F-16, F-15, Panavia Tornado, Saab Gripen, dan Mirage-2000.

BACA JUGA:Angkatan Laut Israel Makin Menggila, Serang Basis Hamas Di Pesisir Jalur Gaza, Gunakan Rudal Naval Spike NLoS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: