Suku Semidang, Jejak Keturunan Si Pahit Lidah yang Masih Eksis, Simak Penjelasannya!

Suku Semidang, Jejak Keturunan Si Pahit Lidah yang Masih Eksis, Simak Penjelasannya!

Suku Semidang, Jejak Keturunan Si Pahit Lidah yang Masih Eksis, Simak Penjelasannya!--

Suku Semidang - Keturunan Langsung dari Si Pahit Lidah

Suku Semidang yang berasal dari keturunan langsung Si Pahit Lidah, dapat ditemui di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Benarkah Si Pahit Lidah dan Gunung Dempo Miliki Magnet yang Kuat? Ini Penjelasanya

Mereka adalah bukti hidup dari legenda ini.

Wilayah-wilayah di mana suku Semidang tersebar antara lain Kota Pagar Alam, Kabupaten Lahat, Ogan Komering Ulu, Muara Enim di Provinsi Sumatera Selatan, dan Kabupaten Bengkulu Selatan, seperti Padang Guci di Kaur Utara, Seluma, dan Bengkulu Tengah.

Beberapa wilayah ini memiliki kecamatan yang menggunakan nama "Semidang," seperti Kecamatan Semidang Aji di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan tiga kecamatan lainnya di wilayah Provinsi Bengkulu, yaitu Semidang Gumay di Kabupaten Kaur, Semidang Alas Maras di Kabupaten Seluma, dan Semidang Lagan di Kabupaten Bengkulu Tengah.

BACA JUGA:Legenda, Si Pahit Lidah Versus Si Mata Empat, Cerita 2 Jawara Hebat di Masyarakat sumsel?

Selain itu, ada penggunaan nama "Semidang" di Kalimantan Barat, meskipun ringkasannya dengan suku Semidang di Sumatera Selatan dan Bengkulu masih belum jelas.

Tata Renggane - Keris Pemersatu Suku Semidang

Sebagai bukti tambahan tentang hubungan suku Semidang dengan legenda Si Pahit Lidah, kita dapat Merujuk pada Masyarakat Pelang Kenidai di Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagar Alam.

Masyarakat ini merawat sebuah keris yang disebut "Tata Renggane," yang diyakini sebagai salah satu warisan dari Serunting Sakti.

Keris “Tata Renggane” dianggap memiliki kekuatan khusus dan menjadi simbol pemersatu bagi suku Semidang.

BACA JUGA:MISTIS! Tempat Persemayaman Si Pahit Lidah Pernah di Terawang Paranormal, Bagaimana Hasilnya?

Ini menghubungkan mereka dengan leluhur yang sama, yaitu Si Pahit Lidah, yang telah membentuk akar sejarah dan budaya mereka.

Dengan bukti-bukti ini, legenda tentang Si Pahit Lidah tidak hanya menjadi cerita rakyat yang menarik, tetapi juga merupakah bagian dari sejarah dan identitas suku Semidang di Sumatera Bagian Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: