Iniah 5 Daftar Suku di Sumatera Selatan, Salahsatunya Menjadi Bukti Jejak Kerajaan Majapahit!

Iniah 5 Daftar Suku di Sumatera Selatan, Salahsatunya Menjadi Bukti Jejak Kerajaan Majapahit!

Iniah 5 Daftar Suku di Sumatera Selatan, Salahsatunya Menjadi Bukti Jejak Kerajaan Majapahit! -Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia memiliki keragaman budaya yang kaya, dan provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu tempat yang kental dengan keragaman suku dan budaya.

Salah satu akar dari keragaman ini adalah sejarah Kerajaan Majapahit, yang memiliki banyak versi dalam cerita sejarah masyarakat Indonesia.

Kerajaan Majapahit, yang konon berdiri pada abad ke-13 hingga abad ke-16 atau ke-14 hingga ke-15, dikenal bukan hanya karena wilayah kekuasaannya, tetapi juga karena armada militernya yang tangguh.

Kerajaan Majapahit memerintah dengan Rumbia yang luas, dan hingga saat ini, bekas-bekas keberadaannya masih terlihat di berbagai suku asli yang tinggal di wilayah Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Apa Hubung Patih Gajah Mada dan Ratu Tribhuwana Tunggadewi, Percintaan kah, Simak Ceritanya?

Di provinsi ini, ada kelompok-kelompok suku yang secara turun temurun telah menyelesaikan budaya dan tradisi leluhur mereka yang berasal dari zaman Kerajaan Majapahit.

1. Suku Besemah

Salah satu suku yang masih mempertahankan identitas dan kebudayaannya adalah Suku Pasemah.

Mereka mendiami wilayah Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Ogan Komering Ulu, dan sekitar gunung berapi, Gunung Dempo di Kota Pagar Alam aktif.

Dikisahkan bahwa suku Pasemah memiliki akar keturunan dari Raja Darmawijaya dari Majapahit yang terletak di Palembang.

BACA JUGA:Meski Malam Pertama Sungguh Nikmat, Namun Tradisi Suku Ini Bikin Geleng Kepala Karena Libatkan Dukun!

Keberadaan mereka banyak yang tersebar di pegunungan Bukit Barisan, dan mereka terkenal dengan hasil pertanian seperti kopi, sayur-sayuran, dan cengkeh.

2. Suku Semendo

Suku Semendo yang mendiami Kecamatan Semendo di Kabupaten Muara Enim, adalah kelompok yang juga mengisahkan perantauan mereka dari Jawa ke Sumatera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: