Ratusan Benda Bersejarah Indonesia yang Diperoleh Saat Penjajahan, Dikembalikan Belanda, Apa Benar?

Ratusan Benda Bersejarah Indonesia yang Diperoleh Saat Penjajahan, Dikembalikan Belanda, Apa Benar?

--

PAGARALAMPOS.COM - Kemerdekaan Budaya, Negeri Kincir Angin Belanda akan mengembalikan ratusan benda bersejarah indonesia yang diperoleh secara tidak sah selama mereka menjajah indonesia.

Sebelumnya memang pemerintah Indonesia telah meminta pengembalian sejumlah benda budaya yang dianggap sangat penting bagi identitas bangsa dan negara Indonesia.

Setelah melalui penelitian dan diskusi dengan para ahli, komite merekomendasikan agar benda-benda tersebut dikembalikan kepada Indonesia.

Dengan dikembalikannya ratusan objek benda bersejarah milik Indonesia ini, diharapkan dapat menambah catatan dan sejarah yang sebelumnya pernah hilang.

Keputusan ini juga menjadi bukti kerjasama antara Indonesia dan Belanda di era modern setelah masa penjajahan yang berlangsung puluhan tahun lalu.

BACA JUGA:Ini 5 Tradisi Suku Asli Indonesia! Salahsatunya Sangat Mengejutkan, Ada Apa?

Sejarah Indonesia tak lepas dari yang namanya Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, Dimana Dahulu Tanah air berjuang menang dari jajahan belanda.

Tak Hanya merdeka Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan benda bersejarah dari sebelum hingga saat merdeka yang tersebar di Indonesia.

Kali ini Ada kabar terbaru bahwa,  Belanda akan mengembalikan 472 objek benda budaya penting peninggalan sejarah Indonesia. 

Diketahui Benda-benda bersejarah itu dibawa secara tidak sah dan diperoleh secara paksa atau dengan penjarahan selama masa kolonial dahulu.

BACA JUGA:Raih Karir Mengkilap dengan Kuliah di PKN STAN, Langsung Menjadi CPNS dan Mengabdi di Lembaga Keuangan Negara!

Pagaralampos.com mengutip dari Antara.com , Bahwa Kedutaan dari Kerajaan Belanda dalam keterangan yang diterima di Jakarta, pada Kamis 6 Juli 2023. 

Mereka melaporkan keputusan tersebut dibuat oleh Gunay Uslu Sekretaris Negara untuk Urusan Kebudayaan dan Media berdasarkan rekomendasi Komite Penasihat Pengembalian Benda Budaya dari Masa Kolonial.

Diketahui Benda-benda budaya yang dikembalikan antara lain ‘harta karun Lombok’, empat arca Singasari, sebilah keris dari Klungkung, Bali, dan 132 benda seni rupa modern dari Bali yang dikenal sebagai koleksi Pita Maha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: