Awal Kehancuran Kerajaan Majapahit Diguncang Kesultanan Demak! Siapa Raden Fatah, Benarkah dibantu Wali Songo?

Awal Kehancuran Kerajaan Majapahit Diguncang Kesultanan Demak! Siapa Raden Fatah, Benarkah dibantu Wali Songo?

kerajaan Majapahit -Kolase-Berbagai Sumber

BACA JUGA:Sumsel Pernah Dikuasai Majapahit, Apakah 5 Suku ini buktinya?

Kerajaan Majapahit selanjutnya dipimpin oleh deretan raja yang tak terlalu cakap sehingga mulailah tergerus dan menampakkan tanda-tanda keruntuhan.

Pada masa-masa akhir Majapahit dengan semakin dekat ketika munculnya Kesultanan Demak di Jawa Tengah.

Kesultanan Demak sendiri merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa yang didirikan justru oleh salah seorang pangeran dari Majapahit dengan nama Raden Patah.

Beberapa referensi kemudian menyebut bahwa Raden Patah adalah putra Bhre Kertabhumi atau Brawijaya V (masa kepemimpinannya pada 1468 -1478), sosok yang diyakini sebagai raja terakhir Majapahit. 

BACA JUGA:Pajajaran, Sampai Majapahit Runtuh Kerajaan Ini Tidak Bisa Ditaklukan, Ini ceritanya?

Ketika Raden Patah kemudian mendirikan Kesultanan Demak pada tahun 1468 M bersama dengan para Wali Songo, situasi Majapahit tengah guncang.

Majapahit tengah mengalami persoalan internal dengan munculnya pemberontakan yang dilakukan oleh Girindrawardhana, menantu Brawijaya V.

Akhirnya, Girindrawardhana kemudian berhasil menduduki singgasana Kerajaan Majapahit dan bergelar Brawijaya VI (masa kepemimpinan 1478-1489).

Brawijaya VI digulingkan oleh mahapatihnya sendiri yakni Patih Udara pada tahun 1498. Akibat konflik ini, Kerajaan Majapahit kemudian semakin menjadi lemah dan kian kehilangan legitimasi dari wilayah-wilayah taklukannya.

BACA JUGA:Jelajahi Kampung Majapahit, Keindahan Arsitektur Khas Kerajaan yang Mengagumkan

Pada tahun 1517, Kesultanan Demak di bawah kepemimpinan Pati Unus, penerus Raden Patah, kemudian menyerang Majapahit yang saat itu telah berpindah ibu kota di Daha (Kediri).

Serbuan ini kemudian membuat perekonomian Majapahit menjadi lumpuh. Satu dekade berselang, pada tahun 1527, Majapahit benar-benar musnah.

Serangan Kesultanan Demak yang saat itu  dipimpin oleh Sultan Trenggana, adik Pati Unus, kemudian memungkasi riwayat Majapahit sepenuhnya.

Setelah itu, Kesultanan Demak mengambil-alih wilayah-wilayah Majapahit yang masih tersisa sekaligus memantapkan diri sebagai kekuatan utama baru di Pulau Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: