Kesaktian Si Pahit Lidah Dari 2 Cerita Berbeda, Hingga Peninggalan Batu Macan di Tanah Besemah Sumsel

Kesaktian Si Pahit Lidah Dari 2 Cerita Berbeda, Hingga Peninggalan Batu Macan di Tanah Besemah Sumsel

Kesaktian Si Pahit Lidah Dari 2 Cerita Berbeda, Hingga Peninggalan Batu Macan di Tanah Besemah Sumsel-Kolase-Berbagai Sumber

BACA JUGA:Ternyata Pendekar Sakti Si Pahit Lidah Juga Pernah Singgah di Danau Ranau OKU Selatan Sumsel Lho!

Si Pahit Lidah meninggal akibat tipu muslihat Si Mata Empat. Demikian juga Si Mata Empat, menemui ajalnya akibat keracunan lidahnya Si Pahit Lidah.

Secara umum, demikianlah pola cerita dan legenda Si Pahit Lidah yang beredar di kalangan masyarakat. Di luar cerita dan legenda Si Pahit Lidah yang tersebar luas tersebut.

Di kalangan masyarakat yang ada di daerah Besemah, ternyata memiliki versi cerita sendiri tentang kisah Si Pahit Lidah.

Beberapa kisah yang dituturkan memiliki orientasi cerita yang dipengaruhi oleh latar tinggalan megalitik yang ada di daerah mereka. 

BACA JUGA:Telusur Jejak Si Pahit Lidah, Legenda Batu Badak Jadi Saksi perjalanan Si pendekar

Batu Macan


Batu Macan--

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Sepertinya pribahasa ini cocok digunakan sebagai ungkapan bahwa di mana pun kita berada harus menaati peraturan-peraturan yang telah diterapkan masyarakat sekitar tempat kita tinggal. 

Begitu juga dengan Batu Macan. Objek wisata yang tak hanya bernilai seni tapi juga sarat makna dan pesan.

Batu Macan tepatnya adalah simbol yang diyakini masyarakat sebagai wujud nyata peraturan adat (perdat) yang harus dipatuhi. 

Diperkirakan, Batu Macan yang terdapat di Desa Pagar Alam Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat ini, sudah ada sejak zaman Majapahit pada abad 14 lalu.

BACA JUGA:Mengejutkan! 6 Tempat ini Ternyata Pernah Dikunjungi Pendekar Si Pahit Lidah

Sebagai simbol, Batu Macan ini merupakan bentuk penjagaan atau pagar terhadap perzinahan dan pertumpahan darah dari empat daerah, yakni Pagar Gunung, Gumay Ulu, Gumay Lembah, dan daerah Gumay Talang.

Ketika koran ini mengunjungi peninggalan bersejarah tersebut, diperoleh keterangan dari Jurai Tue Adat (Sesepuh. red) Idrus (62).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: