Kaya Akan Nutrisi, ini Dia 8 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Kaya Akan Nutrisi, ini Dia 8 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Kaya Akan Nutrisi, ini Dia 8 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan -Foto: net-

Mengonsumsi buah plum secara rutin berpotensi untuk mengurangi risiko mengalami kepadatan tulang yang rendah, meningkatkan produksi hormon yang mendukung pembentukan tulang, dan menjaga kesehatan tulang.

Buah plum yang dikeringkan juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tulang, seperti magnesium, potasium, vitamin K, boron dan fosfor.

Namun, studi masih diperlukan untuk mengetahui manfaanya dalam melindungi tulang.

BACA JUGA:Wah Ini Nih 9 Minuman Penambah Darah untuk Mengatasi Anemia

2. Menjaga kesehatan jantung

Dikutip dari Journal of Ayub Medical College, makan buah plum mampu melindungi organ jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Kandungan phytochemicals dalam buah plum mampu mengurangi peradangan yang menyebabkan penyakit jantung.

Tidak hanya itu, kalium dalam buah plum baik untuk mengontrol tekanan darah dengan membantu pengeluaran natrium atau garam melalui urine dan mengurangi tekanan di pembuluh darah. Secara tidak langsung, Anda juga mengurangi peluang Anda terkena stroke.

Meskipun demikian, penelitian masih diperlukan untuk meneliti manfaat buah plum terhadap kesehatan jantung.

BACA JUGA:Mau Wajah Glowing? Begini 5 Cara Efektif Buat Wajahmu Tetap Glowing

3. Menurunkan kadar gula darah

Dikutip dari penelitian terbitan World Journal of Diabetes, manfaat buah plum dalam menurunkan kadar gula darah dikarenakan senyawa adiponectin dan serat dalam buah plum. Senyawa adiponectin  merupakan salah satu hormon yang berperan dalam regulasi gula darah dan berpotensi menurunkan gula darah.

Serat dalam buah plum  dapat memperlambat kecepatan tubuh dalam menyerap karbohidrat seusai makan yang membuat kadar gula darah naik secara perlahan dan tidak secara mendadak.

Khusus untuk buah plum yang dikeringkan, Anda perlu membatasi porsi yang dikonsumsi karena buah plum yang dikeringkan mudah untuk dimakan dalam jumlah banyak dan malah akan menaikkan kalori yang dikonsumsi.

Sebaiknya konsumsilah sebanyak ¼ atau ½ cangkir buah plum yang dikeringkan atau sebanyak 44-97 gram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: