Kaya Akan Nutrisi, ini Dia 8 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Kaya Akan Nutrisi, ini Dia 8 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Kaya Akan Nutrisi, ini Dia 8 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan -Foto: net-

BACA JUGA:Suka Ngemil Malam? Begini 5 Tips Ngemil Malam Bebas Gemuk

4. Mengatasi sembelit

Manfaat buah plum saat dikeringkan ataupun dijadikan jus mampu membantu mengatasi sembelit karena ada kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Manfaat ini didapatkan bila Anda mengonsumsi buah plum secara teratur.

Dikutip dari penelitian terbitan Pediatric Gastroenterology, Hepatology, and Nutrition, buah plum yang dikeringkan juga mengandung sorbitol yang merupakan pencahar alami.

Namun, jangan mengonsumsi buah plum yang dikeringkan dalam jumlah banyak karena bisa memicu diare.

Konsumsilah buah plum yang dikeringkan sebanyak ¼-½ cangkir atau 44-87 gram per harinya.

Bila Anda lebih memilih untuk meminum jus buah plum yang dikeringkan, belilah jus buah plum kering dengan kadar 100% buah plum kering tanpa tambahan gula. Minum jus buah plum kering sebanyak 118-237 ml per harinya.

BACA JUGA:Yuk Mengenal 5 Suku Asli yang Ada di Provinsi Sumatera Selatan, Salah Satunya Suku Pasemah

5. Kaya akan antioksidan

Manfaat buah plum lainnya terletak pada kandungan antioksidan polifenolnya yang tinggi yang mampu mengurangi peradangan dan melindungi sel dari radikal bebas.

Bahkan, riset dari Journal of Agricultural and Food Chemistry memaparkan bahwa buah plum memiliki kandungan antioksidan dua kali lipat lebih banyak daripada buah persik dan nektarin.

Studi dari Phytotherapy Research memaparkan, konsumsi antioksidan dalam buah plum berpotensi menghindarkan Anda dari penyakit kardiovaskular. Karena kandungan ini, buah plum berpotensi meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, ada pula potensi manfaat plum untuk meningkatkan fungsi kognitif otak. 

BACA JUGA:Sakit Mata: Kenali Penyebabnya dan Cara Pengobatannya

Namun, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk menelaah manfaatnya terhadap kesehatan kardiovaskular dan fungsi kognitif otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: