5 Rekomendasi Wisata Kehidupan Alam Liar di Indonesia Terpopuler 2023, Begini Sensasinya!

5 Rekomendasi Wisata Kehidupan Alam Liar di Indonesia Terpopuler 2023, Begini Sensasinya!

5 Rekomendasi Wisata Kehidupan Alam Liar di Indonesia Terpopuler 2023, Begini Sensasinya!-Ilustrasi-Penejelajah.com

Selain orangutan, Taman Nasional Tanjung Puting turut dihuni sekitar 38 jenis mamalia yang beberapa di antaranya dilindungi. Ada pula 230 spesies burung, 2 spesies buaya, serta puluhan spesies ular dan katak. 

BACA JUGA:KEREN! Ini 6 Rekomendasi Wisata Unik di Indonesia yang Anti-Mainstream

Taman Nasional Tanjung Puting juga memiliki pusat rehabilitasi orangutan pertama di Indonesia, yaitu Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, dan Camp Leakey. Keunikan dan kekayaan Taman Nasional Tanjung Puting membuat banyak wisatawan datang dan didominasi oleh turis asing.

Mereka rela terbang jauh ke Indonesia, karena penasaran dengan kehidupan orangutan di habitat aslinya.

4. Taman Nasional Ujung Kulon, Banten


Taman Nasional Ujung Kulon, Banten--

Selain gajah, kamu juga bisa melihat satwa khas Indonesia lainnya, Badak Bercula satu di Taman Nasional Ujung Kulon. Taman nasional seluas 122.956 hektare itu berada di Kabupaten Pandeglang, Banteng, Jawa Barat. 

Taman Nasional Ujung Kulon pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli Botani asal Jerman bernama, F. Junghun, pada tahun 1846. Saat itu, ia sedang mengumpulkan tumbuhan tropis untuk dijadikan bahan penelitian.

BACA JUGA:5 Wisata Kota Batusangkar, Ada Istana Pagaruyung yang Viral

Pada awalnya Ujung Kulon merupakan daerah pertanian. Namun, akhirnya hancur lebur dan seluruh penduduknya habis ketika Gunung Krakatau meletus pada 27 Agustus 1883 silam, mengubah kawasan ini kembali menjadi hutan.

Berdasarkan keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 284/Kptts-II/1992, Ujung Kulon ditetapkan sebagai kawasan taman nasional yang melindungi hewan dan tumbuhan langka sejak 26 Februari 1992. 

Selain itu, Ujung Kulon juga menjadi taman nasional pertama yang diresmikan di Indonesia dan merupakan salah satu warisan dunia yang diresmikan UNESCO.

Meski, badak bercula satu menjadi satwa andalan di tempat ini, tetapi hanya pengunjung yang 'beruntung' saja yang bisa bertemu dengannya. 

BACA JUGA:KEREN! 4 Wisata Baru di Kota Solo dan Sekitarnya, Salahsatunya Jembatan Kaca

5. Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: