5 Rekomendasi Wisata Kehidupan Alam Liar di Indonesia Terpopuler 2023, Begini Sensasinya!

5 Rekomendasi Wisata Kehidupan Alam Liar di Indonesia Terpopuler 2023, Begini Sensasinya!

5 Rekomendasi Wisata Kehidupan Alam Liar di Indonesia Terpopuler 2023, Begini Sensasinya!-Ilustrasi-Penejelajah.com

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia terkenal dengan julukan negara seribu kepulauan, tak heran jika Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar mulai dari Sabang hingga Merauke.

Memiliki total 17 ribu pulau, membuat Indonesia dikaruniai kekayaan flora dan Fauna yang sangat melimpah, dengan berbagai kekayaan itulah membuat Indonesia sebagai negara yang unik dan tidak ternilai harganya.

Nah bagi kamu yang tertarik untuk melakukan perjalanan dan mengenal lebih dekat dengan flora dan fauna khas Indonesia, tak ada salahnya untuk berkunjung ke lima taman nasional yang menghadirkan itu semua.

Berikut kami sajikan 5 objek wisata dengan kehidupan alam liar yang ada di Indonesia, telah kami rangkum dari berbagai sumber seperti berikut:

BACA JUGA:KEREN! Wisata Pinang Banjar dan Taman Bunga Celosia Tetap Jadi Kebanggan Masyarakat Sumsel

1. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur


Taman Nasional Baluran, Jawa Timur--

Ingin merasakan sensasi bersafari layaknya di Afrika? Taman Nasional Baluran adalah jawabannya. Di taman nasional yang terletak di Situbondo, Jawa Timur, itu pengunjung dapat melihat beragam satwa, seperti banteng, kerbau air, monyet, hingga burung merak.

Hal itulah yang membuat Taman nasional seluas 25 ribu hektare ini dijuluki sebagai "Little Africa van Java", lantaran alamnya yang unik. Taman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional tertua yang ada di Indonesia. 

Dari 25 ribu hektare tersebut, Taman Nasional Baluran terbagi menjadi beberapa zona, di antaranya Zona Inti, Zona Rimba, Zona Perlindungan Bahari, Zona Pemanfaatan, Zona Tradisional, Zona Rehabilitasi, dan Zona Khusus. 

Bahkan, menurut peraturan terbaru menyebutkan luas total Taman Nasional Baluran menjadi 29.041,68 hektare, dengan 26.990 hektare daratan dan 2.051,98 hektare perairan laut.

BACA JUGA:Siapkan Mental Anda! Wisata Pantai Timang di Gunungkidul Menawarkan Keindahan Alam Sekaligus Uji Adrenalin

Sesuai fungsinya, Zona Inti diperuntukkan sebagai tempat perlindungan habitat satwa ikon Taman Nasional Baluran, yaitu Banteng dan hewan lainnya, seperti Rusa Timor, Kijang, Macan Tutul, Anjing Hutan, Trenggiling, Merak Hijau, hingga Ayam Hutan-hijau.

Zona Inti juga berfungsi untuk perlindungan flora langka, seperti Trenggulun, Marelang, Bayur, dan sebagainya. Untuk melihat semua spesies hewan dan tumbuhan di Taman Nasional Baluran, kamu dapat menikmatinya pada Zona Rimba dalam bentuk kegiatan penelitian dan konservasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: