6 Fakta Menarik Empat Lawang, Salahsatunya Bikin Tercengang!

6 Fakta Menarik Empat Lawang, Salahsatunya Bikin Tercengang!

6 Fakta Menarik Empat Lawang, Salahsatunya Bikin Tercengang!--

BACA JUGA:8 Wisata Air Terbaik di Kabupaten Pali

4. Kesenian Jidur

Seni pertunjukan tradisional Jidur yang berasal dari Kabupaten Empat Lawang telah lama mengalami mati suri. 

Namun, belakangan kesenian ini bakal kembali ditampilkan dalam kegiatan Pekan Adat Sumsel yang digelar di Palembang, pada November 2021.

Kesenian langka ini ditampilkan oleh Sanggar Seni Budaya dan Adat Empat Lawang pimpinan Sulton, yang juga sebagai ketua Pembina Adat Empatlawang. 

Meski sudah lama mati suri. Namun, sanggar yang berdomisili di Desa Bunungmerakso Baru, sejak setahun sebelumnya mulai menghidupkan kembali Jidur.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Terindah di Lubuklinggau, Wajib Dikunjungi!

Kesenian ini masih sangat berpeluang dihidupkan lagi, meski para pelakunya sudah banyak yang meninggal. Jidur sebenarnya juga terdapat di daerah lain di Sumsel seperti Kota Palembang dan Pedamaran Kabupaten OKI. 

Hanya saja, kesenian Jidur Empat Lawang memiliki ciri khas tersendiri.

Jidur Empat Lawang mendapat pengaruh dari budaya Melayu Islam, sedangkan Jidur di daerah lain lebih mirip dangan tanjidor di Betawi yang berbasis musik blas atau brass yang dibawa oleh kolonial BelandaJidur Empatlawang terdiri dari unsur sastra (pantun), musik perkusi (jidur, gendang, ketipung, dan gong) dan unsur penari dana. Jumlah pemainnya total ada 6 orang.

Ada berbagai destinasi wisata menarik di Empat Lawang, terutama wisata alam. Salah satunya adalah Air Panas Penantian. 

BACA JUGA:Ini Alasannya Objek Wisata Bukit Kandis Wajib Dikunjungi, Banyak Spot Fotonya Loh!

Air panas di kawasan ini terkenal memiliki khasiat menyembuhkan penyakit. Lokasinya terletak di Kecamatan Pasemahan Air Keruh atau Paiker, tepatnya di desa Penantian.

Anda bisa mengakses lokasi dengan kendaraan umum atau pribadi.Untuk biaya tiket masuk kawasan air panas Penantian sekitar Rp5.000. 

Untuk lokasinya buka selama 24 jam. Setelah mencoba sensasi mandi air panas di sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan air terjun yang juga berada di sekitar lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: