Wajib Dicoba! Ini 9 Kuliner Lahat yang Enak

Wajib Dicoba! Ini 9 Kuliner Lahat yang Enak

Wajib Dicoba! Ini 9 Kuliner Lahat yang Enak--

Lokasi: Kec. Lahat, Kab Lahat.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Lahat yang unik dan instagramable

7. Bubuw

Makanan khas dari Lahat selanjutnya adalah bubuw. Olahan yang terbuat dari tepung dan disajikan dengan siraman air gula. Kuliner tradisional ini merupakan salah satu makanan yang biasanya dibuat untuk acara adat seperti ruwahan. Namun sekarang bubuw dapat dinikmati kapan saja di pusat-pusat jajanan di Lahat.

Bubur putih khas Lahat ini memiliki tekstur yang cukup kental dengan rasa sedikit asin. Tambahan air gula membuat rasanya lebih nikmat. Biasanya bubuw disiram dengan gula durian khas Lahat. Bubuw khas ini dapat dinikmati oleh semua orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Lokasi: Pasar Lama, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

BACA JUGA:10 Tempat Wisata di Pagar Alam yang Hits dan Instagramable

8. Hehancang Tehung

Makanan asli dari lahat yang satu ini terbuat dari sayur dan ikan. Bahan-bahan untuk hehancang tehung antara lain tehung atau terong, ikan sungai, dan jamur putih. Bumbunya terdiri dari bawang merah, laos, bawang putih, cabai rawit, dan daun kemangi. Resep kuliner ini tidak berubah dan menjadi warisan budaya dari generasi ke generasi.

Hehancang tehung bukan termasuk makanan yang umum disajikan di rumah makan. Kuliner ini biasanya dibuat secara khusus untuk acara-acara besar seperti festival makanan khas Lahat. Hehancang tehung lebih sering dijumpai sebagai makanan rumahan. Proses membuatnya pun tidak terlalu ribet dan bahan-bahannya sederhana.

Ikan untuk hehancang tehung biasanya adalah ikan asap atau ikan bakar. Proses membuatnya sama seperti menumis sayuran pada umumnya. Rasanya lezat dengan kuah yang cukup pedas. Cocok untuk lauk nasi putih dengan kuah yang menghangatkan.

Lokasi: Kec. Lahat, Kab. Lahat.

BACA JUGA:Butuh Refreshing? Yuk Cobain Destinasi Wisata di Bandung yang Lagi Hits

9. Kue Lumpang

Kuliner unik Lahat yang layak dicoba adalah mencicipi kue tradisional yang disebut kue lumpang. Bahan utamanya adalah tepung beras dengan perisa pandan untuk membuat adonan hijau. Jajanan manis ini memiliki bentuk layaknya lumpang yang digunakan untuk menumbuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: