Wajib Dicoba! Ini 9 Kuliner Lahat yang Enak

Wajib Dicoba! Ini 9 Kuliner Lahat yang Enak

Wajib Dicoba! Ini 9 Kuliner Lahat yang Enak--

Jika sedang berada di Lahat, gulai rebung santan mudah ditemukan pada menu-menu rumah makan. Rebung dimasak dengan kuah santan sehingga gulai rebung terasa lebih gurih dan sedap. Selain itu, bumbunya pun terasa segar dan nikmat. Cocok untuk makan siang dengan nasi atau lontong.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Wisata Religi di Jogja yang Wajib Dikunjungi!

2. Ayam Nanas

Wisata kulineran kurang lengkap jika tidak mencoba ayam nanas. Masakan lezat dengan bahan utamanya yaitu ayam kampung dan buah nanas. Buah yang digunakan biasanya adalah buah nanas yang berukuran sedang. Sementara untuk bumbunya terdiri dari banyak bahan seperti bawang merah, ketumbar, dan cabai merah. Ayam nanas khas daerah Lahat dapat dibeli di pasar-pasar tradisional atau di rumah makan. Kuliner yang cocok untuk teman nasi ini memiliki rasa yang lezat dengan aroma yang sangat khas. Perpaduan daging ayam yang lembut dan buah nanas yang segar membuat orang-orang ketagihan untuk mencobanya lagi.

Lokasi: Kec. Lahat, Kab. Lahat.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Wisata Religi di Jogja yang Wajib Dikunjungi!

3. Lenggang

Salah satu kuliner yang bisa dicoba adalah lenggang. Panganan yang terbuat dari tepung dan dicampur daging ikan giling. Adonan lenggang ini hampir sama seperti adonan pempek. Adonan diberi bumbu penyedap dan diaduk hingga mengental untuk selanjutnya dibungkus menggunakan daun pisang.

Adonan lenggang yang sudah siap dapat langsung dipanggang hingga setengah matang. Ada yang unik dari makanan ini karena sebelum benar-benar matang, lenggang akan dicampur terlebih dulu dengan telur. Biasanya untuk lenggang menggunakan telur bebek. Adonan kembali dipanggang sambil dibolak-balik agar matang merata.

Kenikmatan kuliner dari daerah Lahat ini biasanya dinikmati dengan cara disiram air cuko. Air cuko untuk lenggang dibuat dari campuran air, cabai rawit yang ditumbuk, gula, bumbu penyedap, dan udang ebi. Panganan tradisional ini cocok sebagai kudapan saat santai dan menikmati Kota Lahat.

Lokasi: Manggul, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

BACA JUGA:5 Tips Aman Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

4. Model

Model merupakan salah satu nama makanan khas yang dapat dijumpai di daerah Lahat. Makanan yang dapat membuat perut kenyang ini terbuat dari adonan yang tidak jauh berbeda dari pempek dan lenggang. Tepung dan daging ikan merupakan bahan utama untuk membuat kuliner khas Lahat ini.

Beberapa tempat makan hingga penjual di pinggir jalan menyediakan olahan kuliner yang dinamai model.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: