Wajib Dicoba! Ini 9 Kuliner Lahat yang Enak

Wajib Dicoba! Ini 9 Kuliner Lahat yang Enak

Wajib Dicoba! Ini 9 Kuliner Lahat yang Enak--

Makanan dengan sebutan unik tersebut disajikan dengan kuah seperti bakso. Model yang sudah matang dipotong beberapa bagian kemudian dicampur dengan bawang goreng, ebi, bihun, dan timun.

Kuahnya yang segar dan tekstur model yang kenyal ini sangat nikmat disantap saat masih hangat. Kelezatan sajian model dapat dinikmati oleh setiap kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Harganya pun cukup terjangkau untuk setiap porsi model.

Lokasi: Pasar Lama, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Terindah di Lubuklinggau, Wajib Dikunjungi!

5. Lemang

Lemang menjadi salah satu kuliner khas yang patut untuk dicoba bagi Anda yang senang berburu kuliner tradisional. Lemang sangat mudah didapat di daerah Tanjung Sirih. Makanan ini banyak dicari masyarakat terlebih lagi pada saat puasa karena lezat dan nikmat untuk berbuka.

Selain membeli langsung ke penjual lemang, Anda juga bisa membuat sendiri karena bahan-bahannya cukup sederhana dan proses pembuatannya pun tidak begitu susah. Setelah menyiapkan beras ketan, bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah santan kelapa, garam, daun pisang, dan tidak lupa batang bambu.

Beras ketan yang sudah bersih dicampur dengan santan kelapa. Bagian dalam bambu dibersihkan juga dan diberi daun pisang untuk melapisi lemang. Beras yang dimasukan ke bilah bambu tidak sampai penuh, biasanya hanya sekitar ¾ bagian. Lemang kemudian dibakar dengan arang hingga matang merata.

Lokasi: Tanjung Sirih, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat.

BACA JUGA:13 Tempat Wisata Paling Hits di Muara Enim, Cocok Buat Hunting!

6. Tempoyak

Makanan yang sudah cukup populer ini dibuat dari fermentasi buah durian. Banyak masyarakat yang mengolah durian untuk dijadikan tempoyak.

Jadi masyarakat luar khususnya wisatawan tidak akan sulit untuk mendapatkan kuliner khas yang satu ini. Tempoyak juga banyak dimasukan pada menu-menu restoran di Lahat.

Olahan durian ini dapat dimasak dengan daging ayam atau ikan. Tekstur tempoyak kental dengan aroma durian yang cukup kuat. Selain untuk campuran masakan, tempoyak juga dapat dinikmati dengan sambal. Biasanya untuk sambal ini menggunakan cabai merah sehingga tidak pucat dan rasa pedasnya lebih mantap.

Proses fermentasi buah durian ini menghasilkan tempoyak yang dapat bertahan cukup lama. Tempoyak asli Lahat ini dapat lebih awet hingga beberapa hari atau minggu. Rasa masamnya pun cukup kuat, namun tetap segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: