5 Tips Aman Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

5 Tips Aman Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

5 Tips Aman Puasa Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi -Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Bulan Ramadan bisa dibilang merupakan bulan yang paling banyak ditunggu umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia, semua orang berlomba-lomba menjalankan ibadah puasa dengan sempurna.

Namun bagi beberapa orang yang menderita penyakit tertentu menjalani ibadah puasa menjadi kekhawatiran tersendiri. Perasaan was-was apakah saat menjalani ibadah puasa tubuhnya akan tetap sehat atau justru semakin memburuk.

Salah satu kekhawatiran tersebut datang dari penderita hipertensi. Bagi kamu yang memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak perlu khawatir karena kamu sebenarnya tetap bisa menjalankan puasa dengan nyaman tanpa keluhan.

Caranya tentu saja dengan menjalankan gaya hidup sehat selama bulan puasa. 

BACA JUGA:Puasa Bikin Susah Fokus? Yuk Simak Fakta dan Tips Jaga Fokus Saat Puasa

Berikut ini adalah tips menjalani puasa bagi penderita tekanan darah tinggi:

1. Periksakan diri ke dokter

Penderita hipertensi disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter, termasuk sebelum berpuasa. Hal ini bertujuan untuk memantau kondisi tekanan darah yang dialami dan mendeteksi kemungkinan adanya komplikasi. Setelah itu, dokter dapat memutuskan apakah Anda diperbolehkan berpuasa atau tidak.

Untuk mengontrol tekanan darah, dokter juga dapat meresepkan obat antihipertensi yang dapat Anda konsumsi selama bulan puasa.

BACA JUGA:5 Amalan Sunnah Baik Dikerjakan Untuk Hari Jumat

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Jadikan sayur dan buah sebagai menu Anda saat sahur maupun berbuka puasa. Hal ini karena sayuran dan buah-buahan mengandung kalium yang dapat mengurangi efek natrium atau garam pada tekanan darah.

Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak kalium adalah pisang, jeruk, melon, blewah, mentimun, dan sayuran hijau.

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: