Kementerian Kelautan dan Perikanan Bersama DPR RI Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Lombok Tengah

Kementerian Kelautan dan Perikanan Bersama DPR RI Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Lombok Tengah

KKP Bersama DPR RI-tangkapan layar-kkp.go.id

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi IV tengah mengembangkan budidaya ikan air tawar di Lombok Tengah. Upaya ini sejalan dengan peningkatan produksi perikanan budidaya guna menopang ketahanan pangan dan ekonomi daerah maupun nasional.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu, mengatakan, untuk menopang ketahanan pangan dan menggerakan ekonomi di daerah, KKP dalam hal ini Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) terus melakukan akselerasi guna meningkatan produksi perikanan di daerah.  Untuk itu, KKP mendorong daerah-daerah potensial seperti Lombok Tengah ini untuk dikembangkan budidaya ikan air tawarnya.

“Terdapat perputaran uang yang besar hingga mencapai triliunan rupiah di Desa Bunkate Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Tentunya ini merupakan capaian yang luar biasa untuk satu desa”, ungkap Dirjen yang akrab disapa Tebe ini.

BACA JUGA:Usai Dipasang, Lift di Tower Jembatan Ampera Tertutup Rapat

FAO memprediksi kebutuhan protein dunia akan meningkat hingga 70%, pasalnya populasi dunia diperkirakan akan tumbuh lebih dari sepertiga hingga tahun 2050.

Memiliki 17.504 pulau, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan 6,4 juta kilometer persegi wilayah perairan dan zona ekonomi eksklusif, serta sumberdaya laut melimpah yang merupakan sumber pangan protein hewani dan peluang pekerjaan bagi jutaan masyarakat pesisir.

“Pada kesempatan kali ini, KKP bersinergi dengan Komisi IV DPR RI yang membidangi Perikanan, Pertanian dan Kehutanan, akan terus mengembangkan dan meningkatkan sektor perikanan di daerah sebagai wujud dalam menjaga ketahanan pangan dan menggerakan ekonomi daerah. Adapun pengembangan perikanan budidayanya dengan melihat karakteristik dan potensi daerah masing-masing. Dan kami akan mengembangkan budidaya ikan air tawar di daerah Lombok Tengah ini,” tambah Tebe.

BACA JUGA:Sigit CS Divonis Lebih Ringan dari Tuntutan JPU

Dimana, lanjut Tebe, KKP mempunyai program terobosan untuk meningkatkan produksi perikanan budidaya, salah satunya adalah program Kampung Perikanan Budidaya.  Program ini tujuannya selain menggerakan ekonomi di daerah, juga untuk ketahanan ekologi yaitu untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan menjaga komoditas bernilai ekonomi, serta menjaga komoditas-komoditas perikanan lokal dari kepunahan “Tahun 2022 KKP telah membangun 130 Kampung Perikanan Budidaya.  Tahun 2023 kami akan membangun kembali kampung perikanan budidaya di beberapa lokasi. Salah satunya di sini di Lombok Tengah, terutama untuk komoditas perikanan air tawarnya,” ujar Tebe.

BACA JUGA:Viral Menteri Yaqut Jenguk David yang Koma Diduga Dianiaya Anak Pejabat Pajak, Begini Kronologinya

Kenapa fokus budidaya ikan air tawar, lanjutnya lagi,  karena potensi lahan untuk pengembangan kolam budidaya ikan air tawar sangat luas. Selain itu, saat ini usaha budidaya ikan air tawar relatif mudah, bisa dengan berbagai macam media pemeliharaan. Selain lahan yang luas, juga didukung sumber daya manusia yang memadai. Oleh karenanya, Lombok Tengah ini sangat potensial untuk dikembangkan budidaya ikan air tawarnya, jelas Tebe.

Disamping itu juga, potensi pasar untuk komoditas ikan nila sangat terbuka luas, sehingga selama mampu menjaga kontinuitas panen guna mempertahankan pasokan ke konsumen, pelaku usaha tidak perlu ada kekhawatiran gagal dalam menjalankan usaha budidaya ikan. Sehingga harapan kami, Program Kampung Perikanan budidaya efektif untuk menjaga ketahanan pangan, dan menggerakkan perekonomian di daerah. “Sektor perikanan digadang-gadang menjadi tulang punggung sektor pangan dan roda penggerak ekonomi untuk daerah khususnya dan untuk nasional pada umumnya. Dengan usaha dan kerja keras kita semua, diharapkan itu bisa terealisasikan,” tandasnya.

BACA JUGA:Sebelum Suntik Botox, Kamu Harus Tau Manfaat dan Efek Sampingnya

Selain itu, Tebe juga menyampaikan untuk menekan biaya produksi yang berdampak pada kestabilan harga pakan ikan, KKP mendorong optimalisasi bahan baku pakan ikan lokal melalui gerakan pakan ikan mandiri. “KKP akan memberikan dukungan dalam pengembangan budidaya ikan air tawar di Bunkate, Lombok Tengah ini. Selain memberikan sarana dan prasarana unit pembenihan rakyat, kendaraan roda tiga, pompa dan Hi-Blow, DJPB juga akan mengalokasikan mesin pakan untuk pembudidaya. Untuk itu, kami meminta bantuan kepada Pemerintah Daerah untuk segera melakukan identifikasi dan verifikasi calon penerima mesin pakan yang memenuhi persyaratan, agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kkp.go.id