Kamu Harus Tau!! 7 Pantangan yang harus dihindari Usai Jalani Vaksin Booster

Kamu Harus Tau!! 7 Pantangan yang harus dihindari Usai Jalani Vaksin Booster

Foto: Ilustrasi Vaksin-(AP/Ted S. Warren)-

PAGARALAMPOS.COM - Vaksin Booster Covid-19 telah mulai diberikan sejak pertengahan Januari sebagai salah satu perlindungan dalam menghadapi varian Omicron. 

Vaksin booster adalah suntikan vaksin dosis ketiga yang diberikan untuk memperkuat antibodi dalam melawan virus corona penyebab Covid-19

Syarat penerima vaksin booster adalah orang berusia 18 tahun ke atas, tinggal di kabupaten/kota yang telah mencapai vaksinasi dosis kedua 60 persen, dan sudah mendapatkan vaksin dosis kedua minimal 6 bulan.

Pemberian vaksin booster diprioritaskan untuk lansia dan orang yang memiliki penyakit penyerta.

BACA JUGA:8 Penyebab Sering Lupa di Usia Muda

Sejak awal tahun 2022, pemerintah mulai mencanangkan program vaksinasi COVID-19 dosis ketiga untuk masyarakat umum. Pemberian vaksin booster diharapkan dapat terus melindungi dan memperkuat tubuh dari penularan virus. Nah, agar vaksin bisa bekerja dengan maksimal, ada berbagai pantangan yang harus Anda patuhi setelah mendapatkan vaksin booster. 

Ketika tubuh menerima vaksin, sistem imun akan menghasilkan antibodi untuk melawan virus. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah antibodi akan menurun secara perlahan.

Maka dari itu, tubuh membutuhkan vaksin tambahan agar respons imun yang terbentuk dari vaksinasi bisa bertahan lebih lama.

Dengan mendapatkan vaksin booster, sel-sel kekebalan tubuh akan merangsang limfosit B untuk menghasilkan antibodi sehingga membuat jumlahnya naik kembali.BACA JUGA:8 Penyebab Sering Lupa di Usia Muda

Perlu diketahui, tubuh membutuhkan waktu dalam membentuk respons antibodi terhadap coronavirus. Biasanya, kekebalan akan terbentuk sekitar dua minggu setelah pemberian vaksin.

Guna membantu prosesnya, berikut berbagai pantangan yang harus Anda hindari setelah mendapatkan vaksin booster.

1. Tidak memakai masker

Vaksin memang bisa mencegah penularan COVID-19, tapi vaksin tidak serta-merta membuat Anda bebas dari risiko terkena penyakit ini.

BACA JUGA:4 Masalah Gizi ini Berisiko Anak jadi Stunting, Orang Tua Wajib Waspada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: