8 Penyebab Sering Lupa di Usia Muda

8 Penyebab Sering Lupa di Usia Muda

8 Penyebab Sering Lupa di Usia Muda-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Mudah lupa identik dengan usai senja. Kondisi ini bisa jadi karena berkurangnya fungsi hipokampus atau bagian otak untuk mengingat. 

Tapi, ada kalanya seseorang menjadi mudah lupa kendati usianya masih muda. 

Lalu, Apa penyebab mudah lupa usia muda ini?

Berbeda dengan lansia, penyebab sering lupa pada usia muda seringkali berkaitan dengan gaya hidup yang buruk. Ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi, dan umumnya bisa teratasi dengan melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

BACA JUGA:Amankah Konsumsi Makanan Mentah untuk Kesehatan Tubuh? Yuk Simak Penjelasannya

Meski demikian, beberapa kondisi medis tertentu juga bisa menjadi penyebab sering lupa pada usia muda. Adapun ini merupakan penyebab yang serius dan seringkali membutuhkan perhatian. Untuk dapat lebih mengenali kondisi ini, berikut adalah berbagai penyebab sering lupa pada seseorang yang masih muda:

1. Stres, kecemasan, dan depresi

Stres, kecemasan, dan depresi memang kerap terjadi pada orang muda. Kondisi ini sering muncul karena faktor pekerjaan, sekolah, hingga masalah dengan keluarga, teman, atau pasangan. Adapun permasalahan tersebut bisa mengganggu konsentrasi, yang juga dapat menimbulkan permasalahan memori.

2. Kurang tidur

Efek kurang tidur pada orang yang masih muda, seringkali menjadi penyebab sering lupa. Anda yang masih muda mungkin memiliki segudang aktivitas yang menyita waktu, hingga tak cukup tidur atau bahkan kebiasaan screentime sebelum tidur. Adapun kurang tidur bisa menyebabkan perubahan suasana hati dan kecemasan, yang pada gilirannya bisa menimbulkan masalah ingatan.

BACA JUGA:Konsumsi Kacang Hijau Saat Hamil bisa Buat Rambut bayi Lebat, apakah Benar?

3. Pola makan yang buruk

Tidak hanya karena stres dan kurang tidur, seseorang yang masih muda juga seringkali memiliki pola makan yang buruk. Mereka mungkin merasa masih sehat, sehingga seringkali mengonsumsi makanan sembarangan. Padahal, tanpa disadari, mengonsumsi makanan tertentu secara berlebihan justru bisa memperburuk ingatan Anda, seperti makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans

Pengaruh asupan lemak jenuh dan trans terhadap daya ingat memang tidak begitu diketahui. Namun, dilansir dari Harvard Health Publishing, hubungan antar keduanya mungkin dimediasi oleh gen apolipoprotein E (APOE). Adapun gen tersebut berkaitan dengan jumlah kolesterol dalam darah, dan orang-orang dengan variasi gen ini lebih berisiko terkena masalah memori, termasuk demensia dan penyakit Alzheimer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: