Kamu Harus Tau!! 7 Pantangan yang harus dihindari Usai Jalani Vaksin Booster

Kamu Harus Tau!! 7 Pantangan yang harus dihindari Usai Jalani Vaksin Booster

Foto: Ilustrasi Vaksin-(AP/Ted S. Warren)-

Meski efektif, tidak ada satu pun vaksin yang menawarkan perlindungan 100 persen. Orang yang telah divaksin masih bisa terinfeksi dengan gejala ringan maupun tanpa gejala. Bila Anda tidak menggunakan masker, Anda bisa menularkan infeksinya kepada orang lain.

Jadi, pastikan Anda tetap menggunakan masker dan disiplin menjalani protokol kesehatan guna mencegah COVID-19, termasuk rajin mencuci tangan dan melakukan physical distancing.

2. Merokok

Sebuah penelitian yang terbit tahun 2022 dalam jurnal Public Health menunjukkan bahwa antibodi yang dihasilkan oleh vaksin dapat menurun lebih cepat pada orang-orang yang merokok dibandingkan orang-orang yang tidak merokok.

BACA JUGA:Perlu Kamu Ketahui Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Memang, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar mengetahui dampak merokok pada respons imun terhadap vaksin COVID-19.

Namun, merokok sebaiknya tetap dihindari, terlepas Anda sudah mendapatkan vaksin atau belum. Pasalnya, merokok dapat merusak sistem imun dan mengurangi fungsinya dalam melawan penyakit.

3. Minum alkohol

Pantangan yang juga harus dipatuhi setelah vaksin booster yakni mengonsumsi minuman beralkohol. Konsumsi alkohol setelah minum obat atau vaksin dapat memperburuk efek samping yang Anda alami.

BACA JUGA:Tips Ampuh Kurangi Batuk Pada Penderita TBC

Selain itu, alkohol juga dapat memberikan pengaruh buruk terhadap sistem kekebalan tubuh. Respons imun terhadap vaksin mungkin akan terganggu. Alhasil, ini akan menurunkan efektivitas vaksin.

4. Olahraga terlalu berat

Sebenarnya boleh-boleh saja bila Anda tetap melakukan olahraga rutin seperti biasa setelah vaksin. Kendati demikian, pada beberapa orang, salah satu efek samping vaksin COVID-19 ialah nyeri otot atau pegal-pegal.

Ada baiknya Anda beristirahat atau melakukan olahraga yang lebih ringan seperti jalan-jalan. Idealnya, Anda disarankan menghindari aktivitas fisik yang berat setidaknya 2–3 hari setelah vaksinasi.

BACA JUGA:Penyebab Terjadinya Hamil Anggur dan Cara Pencegahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: