Amankah Ibu dengan Diabetes Menyusui Bayi? Yuk Simak Penjelasnnya

Amankah Ibu dengan Diabetes Menyusui Bayi? Yuk Simak Penjelasnnya

Ilustrasi : Menyusui untuk ibu diabetes -(Foto: Shutterstock)-

BACA JUGA:Penyebab Pori-pori Membesar Dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak Penjelasnnya

Tidak hanya itu saja, menyusui juga diketahui dapat menurunkan risiko Bunda terkena kanker payudara dan ovarium.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Diabetes Saat Menyusui

Pada ibu diabetes, biasanya ASI akan mengalami penundaan produksi hingga 3 hari setelah melahirkan. Hal ini tergolong normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Supaya Si Kecil tidak kekurangan ASI, Bunda disarankan untuk mengumpulkan kolostrum terlebih dahulu sebelum melahirkan dan menyimpannya di dalam lemari es.

Menyusui mungkin membuat kadar gula darah Bunda turun hingga 25%, bahkan bisa turun terlalu rendah hingga menyebabkan hipoglikemia.

BACA JUGA:Kenali Penyebab Sariawan dan Cara Menyembuhkannya.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, Bunda disarankan untuk makan atau sekadar ngemil terlebih dahulu sebelum menyusui.

Namun, pastikan untuk konsumsi makanan sehat, ya.

Bunda juga perlu memperbanyak asupan karbohidrat selama menyusui untuk menambah energi dan memproduksi ASI yang berkualitas. Jangan lupa juga perbanyak minum air putih agar Bunda terhindar dari dehidrasi, ya.

Di samping itu, Bunda sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait obat diabetes yang aman untuk diminum saat menyusui. Umumnya, semua obat diabetes boleh dikonsumsi saat menyusui. Namun, beberapa dosis obat, misalnya insulin suntik, mungkin perlu diturunkan.

BACA JUGA:Cara Ampuh Hilangkan Bau Mulut dengan Bahan Alami

Meskipun memiliki diabetes, kini Bunda tidak perlu khawatir lagi untuk menyusui Si Kecil.

Selain membawa manfaat bagi kesehatan Bunda dan Si Kecil, menyusui juga bisa mempererat ikatan batin antara kalian berdua.

Jadi, jangan lewatkan untuk memberikan Si Kecil ASI, ya, terutama selama 6 bulan pertama kehidupannya.

Jangan lupa juga untuk rutin melakukan tes gula darah secara berkala guna memantau kadar gula darah Bunda. Bila Bunda masih memiliki pertanyaan terkait dengan menyusui dan diabetes, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: