BPBD Kota Pagar Alam Kerja Bhakti Perbaiki Tanggul Tebat Libgah

BPBD Kota Pagar Alam Kerja Bhakti Perbaiki Tanggul Tebat Libgah

BPBD Kota Pagar Alam Kerja Bhakti Perbaiki Tanggul Tebat Libgah--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagar Alam bekerja sama dengan warga Kelurahan Karang Dalo melakukan aksi gotong-royong, untuk membersihkan dan memperbaiki tanggul Tebat Libagh, Jumat 6 September 2024. 

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Pagar Alam, Anjas Hariansyah, SP, serta melibatkan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (SATGAS PB) BPBD. 

Aksi gotong royong ini bertujuan memperbaiki kebocoran tanggul Tebat Libagh, yang selama ini menjadi sumber air baku bagi warga setempat, terutama di musim kemarau.

Kepala BPBD Kota Pagar Alam melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Anjas Hariansyah, menjelaskan bahwa kondisi kekeringan di Tebat Libagh menyebabkan krisis air bersih di wilayah Karang Dalo. 

BACA JUGA:Imbau Mayarakat Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Pagaralam Siagakan Petugas 24 Jam

Kekeringan ini juga berdampak pada sumur-sumur warga yang mulai kering akibat kurangnya resapan air.

“Bersama kita memperbaiki kebocoran tanggul Tebat Libagh yang menjadi sumber air baku bagi masyarakat sekitar. Kekeringan ini semakin memperparah kesulitan warga dalam mendapatkan air bersih,” ujar Anjas.

Perangkat dusun Karang Dalo, melalui RT/RW dan tokoh masyarakat, telah melaporkan dan berkoordinasi dengan BPBD Kota Pagar Alam untuk melakukan aksi gotong royong ini. 

Tujuannya adalah memulihkan fungsi Tebat Libagh sebagai penampungan air dan sumber resapan bagi sumur warga.

BACA JUGA:Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Pagaralam Siagakan Petugas 24 Jam

“Tebat Libagh selama ini berfungsi sebagai penampungan air dan resapan bagi sumur-sumur warga. Keberadaannya sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat,” tambah Anjas.

Aksi ini menunjukkan komitmen bersama antara BPBD dan masyarakat dalam menjaga sumber daya alam esensial. 

Langkah ini diharapkan dapat menjamin ketersediaan air bersih bagi warga Karang Dalo dan menjadi contoh dalam pelestarian lingkungan demi kepentingan generasi mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: