Peradaban Kuno yang Menghilang Secara Misterius

Peradaban Kuno yang Menghilang Secara Misterius

Foto : Jejak peninggalan sejarah Suku Maya.-Peradaban Kuno yang Menghilang Secara Misterius-National geographic

Yang lain percaya bahwa Zaman Es Kecil memusnahkan mereka sepenuhnya beberapa saat setelah banjir memusnahkan populasinya

Minoa

Peradaban Minoa didirikan hampir 5.000 tahun yang lalu di Kreta. Peradaban ini dikenal berpendidikan tinggi dan sukses. Mayoritas penduduknya terdiri dari seniman, pelaut, pedagang, dan pejuang.

Secara khusus, para pelaut di Laut Mediterania sangat dihargai dan peristiwa maritim merupakan aspek penting dari budaya mereka.

Bangsa Minoa juga dikenal sebagai peradaban pertama di Eropa yang menggunakan bahasa tertulis yang disebut Linear A. Meski cerdas dan pekerja keras, mereka tetap tidak bisa menghindari akhir yang tragis.

BACA JUGA:Arkeolog Berhasil Temukan Kota Muslim Kuno di Ethiopia yang Mengungkap Peradaban Umat Muslim

Peradaban Minoa tidak hanya hilang melainkan hancur sekitar tahun 1500 SM. Awalnya akibat letusan Gunung Berapi Santorini di Thera.

Wilayah yang tidak rusak akibat letusan pun menghadapi kehancuran akibat gelombang pasang. Gelombang pasang tersebut muncul dari letusan gunung berapi tersebut.

Gelombang pasang ini menghancurkan semua tanaman, kapal, bangunan, dan tanaman di sepanjang pantai.

Tanpa makanan dan infrastruktur yang hancur, suku Minoa punah atau terpaksa pindah ke tempat lain.

Khmer

Kekaisaran Khmer pernah menjadi rumah bagi kompleks kuil terbesar di dunia. Angkor, ibu kotanya, diperkirakan seluas 402 hektar dan terletak di tengah-tengah Kamboja modern.

BACA JUGA:Sejarah Dinasti Abbasiyah Kembangkan Ilmu Pengetahuan dan Peradaban

Meskipun mengesankan, namun tiba-tiba mengalami penurunan sekitar tahun 1200 M. Ada banyak teori yang menyebabkan penurunan ini, seperti bencana lingkungan, penyakit, dan perang mendadak.

Para ahli tidak sepenuhnya yakin mengenai apa yang terjadi pada ibu kota yang sangat besar ini. Namun kini mungkin ibu kota tersebut merupakan peradaban paling terkenal yang hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: