Lanal Yogyakarta Gagalkan Penyelundupan Benih Bening Lobster, Barang Bukti Sebanyak Ini

Lanal Yogyakarta Gagalkan Penyelundupan Benih Bening Lobster, Barang Bukti Sebanyak Ini

Foto : Barang bukti BBL yang diamankan.-Lanal Yogyakarta Gagalkan Penyelundupan Benih Bening Lobster, Barang Bukti Sebanyak Ini-Puspentni

PAGARALAMPOS.COM - Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Lanal Yogyakarta jajaran Koarmada II berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Benih Bening Lobster (BBL).

Jyga menangkap terduga pelaku penyelundupan bertempat di Desa Karangweni, Kab. Kulonprogo, Provinsi DI Yogyakarta, Kamis (13/6/2024). 

Kronologis kejadian berawal dari kecurigaan prajurit  Pos TNI AL (Posal) Karangwuni dengan adanya beberapa perahu nelayan di Pantai Karangwuni.

Setelah dilaksanakan pengamatan dan pengintaian terdeteksi beberapa orang menurunkan hasil tangkapan dan membawanya ke lokasi penampungan yang merupakan rumah Saudara HS alias Napi.

BACA JUGA:Gagalkan Penyelundupan Narkoba, Satgas Pamtas RI - Malaysia Amankan Sabu 7 Kg

Atas dasar tersebut, Tim SFQR Lanal Yogyakarta melaporkan kejadian tersebut kepada Komandan Lanal Yogyakarta.

Atas perintah Komandan Lanal Yogyakarta selanjutnya Tim SFQR berkoordinasi dengan DKP Provinsi DI Yogyakarta dan DKP Kab. Kulonprogo untuk melaksanakan pemeriksaan di lokasi penampungan.

Hasil pemeriksaan ditemukan barang bukti BBL sejumlah 5.605 ekor. Selanjutnya para terduga pelaku penyelundupan BBL beserta barang bukti dibawa menuju Mako Lanal Yogyakarta. 

Pada penangkapan kali ini didapatkan 3 orang terduga pelaku dengan inisial HS alias Napi, A dan SK. Saat ini ketiga pelaku telah diamankan ke Mako Lanal Yogyakarta untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA:Bareskrim Gagalkan Penyelundupan 19 Kg Sabu dari Malaysia, Lima Tersangka Diamankan

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan barang bukti dari Lanal Yogyakarta kepada DKP Provinsi DI Yogyakarta berupa BBL.

Yang mana rencananya akan dilepasliarkan di wilayah Pantai Baru, Kabuoaten Bantul, DI Yogyakarta. 


Foto : Barang bukti BBL yang diamankan.-Lanal Yogyakarta Gagalkan Penyelundupan Benih Bening Lobster, Barang Bukti Sebanyak Ini-Puspentni

Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Dr. Devi Erlita, M.M., M.Tr. Hanla pada press conference, Kamis (13/6/2024) menyampaikan kedepannya BBL menjadikan peluang ekonomi bagi masyarakat Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: