Pasar Global Incar Produk Organik RI, Petani Siap Sambut Masa Depan Cerah

Pasar Global Incar Produk Organik RI, Petani Siap Sambut Masa Depan Cerah

Pasar Global Incar Produk Organik RI, Petani Siap Sambut Masa Depan Cerah--

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia sedang bersiap untuk memasuki era baru di sektor pertanian dengan potensi besar untuk menghasilkan dolar dari ekspor produk organik.

Dikenal dengan tanahnya yang subur, Indonesia memiliki keunggulan dalam memproduksi buah-buahan dan rempah-rempah organik yang semakin diminati di pasar global.

Potensi Besar di Pasar Global

Prediksi global menunjukkan bahwa pasar makanan organik akan mencapai nilai US$546,97 juta pada tahun 2032, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 11,6% dari 2023 hingga 2032.

BACA JUGA:Potensi Pencalonan Anies Baswedan dalam Pemilihan Gubernur Jakarta Memanaskan Panggung Politik

Hal ini membuka peluang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor produk pertanian organiknya.

Kinerja Ekspor yang Meningkat

Data dari Biro Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa pada tahun 2023, ekspor buah-buahan Indonesia mencapai US$637,93 juta dengan volume ekspor meningkat 10,28% YoY hingga mencapai 1,20 juta ton.

Rempah-rempah juga mencatat kontribusi besar dengan nilai ekspor US$613,79 juta dan peningkatan volume hingga 26,75% mencapai 157,79 ribu ton.

BACA JUGA:Kritik Pedas Ronaldinho Terhadap Timnas Brasil, Ini Tanggapan Raphinha yang Mengejutkan!

Tim Economist Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) mencatat bahwa pada periode Januari-Maret 2024, kinerja ekspor buah-buahan dan rempah-rempah Indonesia menunjukkan peningkatan signifikan.

Ekspor buah-buahan mencapai US$262,44 juta, naik 65,37% YoY dari US$158,70 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara itu, ekspor rempah-rempah meningkat 13,58% YoY menjadi US$178,47 juta.

Dukungan dari LPEI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: