Tak Kalah Saing Dengan Cina, Korut Uji Peluncuran Rudal Balistik Hwasong-11D, Korea Selatan Tersentak

Tak Kalah Saing Dengan Cina, Korut Uji Peluncuran Rudal Balistik Hwasong-11D, Korea Selatan Tersentak

Foto : Peluncuran rudal hwasong Korea Utara-Tak Kalah Saing Dengan Cina, Korut Uji Peluncuran Rudal Balistik Hwasong-11D, Korea Selatan Tersentak-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COMCina yang menggelar latihan militer “Joint Sword 2024A” dengan mengambil posisi pengepungan wilayah Tawain. Kim Jong Un pun tak kalah saing.

maka sekutunya, Korea Utara juga tak tinggal diam, yakni belum lama ini juga melakukan latihan uji coba peluncuran rudal balistik.

Namun, yang diluncurkan kali ini bukan rudal balistik antarbenua (ICBM), melainkan rudal balistik jarak pendek – short-range ballistic missile (SRBM) Hwasong-11D, yang merupakan varian lebih kecil dari SRBM KN-23.

Nama rudal balistik jarak pendek KN-23 sudah lebih dulu dikenal, salah satunya karena dikirim Korea Utara untuk Rusia, dan telah digunakan dalam perang di Ukraina.

BACA JUGA:Amerika - Korsel Tuduh Korea Utara Tranfer Senjata ke Rusia

Kantor Berita Korea Utara (KCNA) menyebut, uji coba rudal balistik jarak pendek (SRBM) dengan sistem navigasi otonom terbaru telah dilakukan pada hari Jumat lalu.

Uji coba penembakan tersebut memverifikasi keakuratan dan keandalan sistem navigasi otonom seperti yang dilaporkan oleh Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola pemerintah. Bahwa penembakan tersebut diawasi oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Uji coba tersebut merupakan bagian dari kegiatan rutin pemerintah dan lembaga ilmu pertahanan yang berafiliasi untuk pengembangan teknologi sistem senjata yang pesat.

KCNA tidak melaporkan jenis rudal atau jumlah rudal yang ditembakkan atau jangkauan rudal tersebut, namun melihat dari rilis foto, maka terungkap itu adalah SRBM adalah rudal balistik taktis Hwasong-11D.

BACA JUGA:Miliki MBT Anyar, Kim Jong Un Tes Drive Tank Generasi Terbaru Korea Utara

Terkait ujicoba itu, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan pada hari Jumat menyatakan, pihaknya mengaku, beberapa SRBM ditembakkan dari Wonsan, Korea Utara, dan menempuh jarak 300 km sebelum jatuh di Laut Cina Timur.

“Peluncuran rudal Korea Utara sebagai tindakan provokasi yang mengancam perdamaian dan stabilitas Semenanjung Korea,” dalam rilis JCS.

Hwasong-11D, mirip dengan rudal balistik Hwasong-11Ga (lebih dikenal sebagai KN-23) tetapi lebih kecil, Hwasong-11D memiliki jangkauan tembak 100 hingga 180 kilometer.

Sebagai perbandingan, jangkauan tembak KM-23 adalah 600 kilometer. Hwasong-11D dapat mencapai ketinggian 50 kilometer selama penerbangan sepanjang lintasan kuasi-balistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: