Miliki MBT Anyar, Kim Jong Un Tes Drive Tank Generasi Terbaru Korea Utara

Miliki MBT Anyar, Kim Jong Un Tes Drive  Tank Generasi Terbaru Korea Utara

Foto : Kim Jong Un disela uji coba mengendari MBT Korut.-Miliki MBT Anyat, Kim Jong Un Tes Drive Tank Generasi Terbaru Korea Utara, Kombinasi M1A2 Abrams Dan T-14 Armata-Indomikiter.com

PAGARALAMPOS.COM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kembali menyita perhatian netizen setelah tampil mengendarai Main Battle Tank (MBT) terbaru dalam memandu demonstrasi militer yang melibatkan alutsista anyar.

Kantor Berita Korea Utara, KCNA melaporkan pada hari Kamis (14/3/2024), bahwa Kim puas atas kemampuan MBT terbaru tersebut.

Dalam simulasi, Divisi Tank ke-105, dinyatakan sebagai pemenang pertempuran tiruan, yaitu dengan menduduki ibu kota Korea Selatan, Seoul, selama skenario Perang Korea.

Terlepas dari momen Kim Jong Un yang mengendarai MBT,  jauh lebih menarik adalah menelaah seputar kemampuan dari MBT terbaru tersebut, pasalnya militer Korea Utara menutup rapat informasi tentang MBT yang dikendarai Kim Jong Un.

BACA JUGA:Sukses Luncurkan Satelit Mata-Mata Dengan Roket Falcon 9, Kabarnya Kosel Mau Saingi Korut

Meski MBT yang dikendarai Kim Jong Un nampak dilengkapi lapisan proteksi ERA pada turret-nya, tapi dapat dikatakan bahwa itu adalah MBT yang sama dengan yang ditampilkan saat parade militer di Pyongyang pada 9 Februari 2023.


Foto : Kim Jong Un disela uji coba mengendari MBT Korut.-Miliki MBT Anyat, Kim Jong Un Tes Drive Tank Generasi Terbaru Korea Utara, Kombinasi M1A2 Abrams Dan T-14 Armata-Indomikiter.com

MBT yang dimaksud sejauh ini belum memiliki nama resmi. Desain turretnya terlihat sangat mirip dengan M1A2 Abrams, namun memiliki perlengkapan tempur khusus, sedangkan lambung dan suspensinya tampaknya didasarkan pada rancangan MBT era Soviet.

MBT ini memiliki tiga awak termasuk seorang pengemudi yang duduk di bagian tengah depan lambung sementara komandan dan penembak berada di turret.

Sekilas pandang, turretnya terbuat dari konstruksi yang dilas dan juga dilengkapi dengan lapis baja komposit. Lambungnya mirip dengan MBT T-14 Armata Rusia dan tampaknya dilengkapi dengan ERA (Explosive Reactive Armor) di bagian depan dan samping.

BACA JUGA:Bikin Korut Iri, Korea Selatan Tawarkan Kapal Selam KSS-III Batch II Ke Polandia

Bagian belakang turret dan lambung dilengkapi dengan slat armor untuk meningkatkan perlindungan terhadap penembakan RPG (Rocket-Propelled Grenades).

Di setiap sisi depan dan samping turret, MBT ini dilengkapi dengan tiga peluncur tabung yang diduga merupakan bagian dari APS (Active Protection System) seperti Afganit Rusia yang mampu mendeteksi proyektil AP (Armor-Piercing) yang masuk dengan radar dan menghancurkannya dengan proyektil fragmentasi khusus.

Ada juga dua perangkat yang dipasang di sisi turret yang bisa jadi merupakan laser alarm receiver radar yang menjadi bagian dari APS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: