Histori Patung Gajah Buddha Kuno di India, Arkeolog : Berusia 2.300 Tahun

Histori Patung Gajah Buddha Kuno di India, Arkeolog : Berusia 2.300 Tahun

Menurut sejarahnya, Maha Maya, juga disebut Maya, ibu dari Sidharta Buddha Gautama, dia adalah istri dari Raja Shuddhodana, bermimpi hamil gajah putih.


Foto : Patung gajah Budha di India.-Histori Patung Gajah Buddha Kuno di India, Arkeolog : Berusia 2.300 Tahun-National geographic

Menurut legenda Buddha, Maha Maya bermimpi seekor gajah putih dengan enam gading masuk ke sisi kanannya, yang diartikan bahwa dia mengandung seorang anak yang akan menjadi penguasa dunia atau seorang buddha.

Setelah 10 bulan lunar, merasa waktu kelahirannya sudah dekat, dia pergi ke hutan Lumbini di luar kota Kapilavastu.

BACA JUGA:Bikin Penasaran Para Arkeolog! Inilah Misteri Lubang Gravitasi di Samudera Hindia

Selagi ia berdiri tegak dan berpegangan pada dahan pohon sal (dengan postur yang diadopsi oleh ibu dari semua Buddha), anak itu muncul dari bawah lengan kanannya.

Tujuh hari setelah kelahirannya (sekali lagi, sesuai dengan takdir ibu dari semua Buddha) dia meninggal dan terlahir kembali di Surga Tiga Puluh Tiga Dewa (Surga Tavatimsa). Adegan konsepsi dan pengiriman Buddha Gautamasering digambarkan dalam seni.

"Hubungan langsung gajah dengan agama Buddha muncul dari sebuah cerita bahwa ibu dari Siddhartha Gautama - pangeran India yang akan menjadi Buddha - bermimpi setelah dia mengandung bahwa "gajah putih yang baik (telah) memasuki rahimnya," kata Harvey. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: