Sejarah Baru! Arkeolog Temukan Sisa-sisa Masjid Kuno di Israel

Sejarah Baru! Arkeolog Temukan Sisa-sisa Masjid Kuno di Israel

Sejarah Baru! Arkeolog Temukan Sisa-sisa Masjid Kuno di Israel -Foto: net-

Menurut Arab News, masjid ini "mungkin dibangun oleh sahabat Nabi Muhammad, Syurahbil bin Hasanah, seorang panglima perang yang menaklukkan  Levant pada abad ke-7".

Arkeolog dari Israel menemukan reruntuhan masjid kuno yang diyakini berasal dari dekade awal Islam, selama penggalian di kota Tiberias pada tahun 2014 .

BACA JUGA:Menggali Sejarah Asal-usul Gunung Arjuna! Konon Hasil Petapaan Anggota Pandawa

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah Makam Kuno di Bendungan Keureuto! Begini Rekomendasi Arkeolog

Fondasi masjid yang digali sendiri tepat di sebelah selatan Laut Galilea oleh Hebrew University of Jerusalem, menunjukkan bahwa pembangunannya kira-kira satu generasi setelah wafatnya Nabi Muhammad, menjadikannya salah satu rumah ibadah umat Muslim paling awal yang dipelajari oleh para arkeolog.

"Kita mengetahui ada banyak masjid di awal yang didirikan tepat pada periode Islam awal," kata Katia Cytryn-Silverman, spesialis arkeologi Islam di Hebrew University yang memimpin penggalian, dikutip dari The Guardian.

Masjid-masjid lainnya yang berasal dari masa yang sama, seperti Masjid Nabawi di Madinah, Masjid Agung Damaskus, dan Masjid al-Aqsa di Yerusalem, masih digunakan sampai sekarang dan tidak dapat dirusak oleh para arkeolog.

Cytryn-Silverman mengatakan, penggalian masjid Tiberian memberikan kesempatan langka untuk mempelajari arsitektur rumah ibadah umat Muslim, dan temuan tersebut menunjukkan adanya toleransi terhadap agama lain di kalangan para pemimpin Islam awal.

BACA JUGA:Mengungkap Jejak Sejarah Asal-usul Terbentuknya Gunung Arjuna di Malang

BACA JUGA:Arkeolog Ungkap Jejak Prasejarah Kehidupan Manusia Zaman Dulu di Gua Topogaro

Saat masjid ini dibangun sekitar tahun 670 M, Tiberias telah menjadi kota yang diperintah Muslim selama beberapa dekade.

Dinamakan dengan nama kaisar kedua Roma pada sekitar tahun 20 M, kota ini merupakan pusat utama kehidupan dan pembelajaran Yahudi selama hampir lima abad.

Sebelum ditaklukkan oleh tentara Muslim di tahun 635, kota Bizantium adalah rumah bagi salah satu konstelasi situs suci Kristen yang tersebar di garis pantai Laut Galilea.

Di bawah pemerintahan Muslim, Tiberias menjadi ibu kota provinsi pada awal kerajaan Islam dan semakin terkenal.

BACA JUGA:Jejak Sejarah Kehidupan Manusia Zaman Dahulu di Gua Topogaro Sulawesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: