Indonesia-Australia Perkuat Hubungan Melalui Bahasa dan Dialog Antaragama

Indonesia-Australia Perkuat Hubungan Melalui Bahasa dan Dialog Antaragama

Indonesia-Australia Perkuat Hubungan Melalui Bahasa dan Dialog Antaragama--

PAGARALAMPOS.COM - Hari Jumat 17 Mei 2024, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan penting dari Gubernur Jenderal Australia, David Hurley, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat. 

Pertemuan kedua pemimpin tersebut menjadi momen penting untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara, khususnya melalui peningkatan kontak antarmasyarakat.

Dalam diskusi yang berlangsung hangat, Presiden Jokowi dan Gubernur Jenderal Hurley menyoroti pentingnya penguatan hubungan antarwarga kedua negara. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam keterangan kepada pers, menegaskan bahwa pembicaraan bilateral lebih berfokus pada upaya untuk meningkatkan "people to people contact", mengingat posisi Gubernur Jenderal sebagai simbol kepala negara Australia.

BACA JUGA:Kingmaker, Persaingan Politikus Jadi Presiden Korea Selatan

Salah satu aspek yang disoroti dalam pertemuan tersebut adalah peningkatan pengajaran bahasa. 

Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan pengajaran bahasa Inggris, sementara Australia akan memperkuat pengajaran bahasa Indonesia. 

Langkah ini diharapkan dapat menjadi jembatan yang efektif untuk mendekatkan hubungan antar masyarakat kedua negara.

BACA JUGA:Kapolri Angkat Presiden KSPSI Jadi Staf Ahli

Gubernur Jenderal Australia, yang juga merupakan salah satu pendiri Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia, telah aktif dalam berbagai inisiatif yang bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral, termasuk pertukaran pemuda dan dialog antaragama. 

Pertemuan hari ini juga menyoroti persiapan untuk dialog antaragama kedua yang akan diselenggarakan di Australia tahun ini.

Selain itu, kedua pemimpin juga menekankan pentingnya memperingati 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Australia dan 50 tahun hubungan ASEAN dengan Australia pada tahun ini. 

BACA JUGA:Pernah Miliki Presiden! Begini Sejarah Asal-usul Kota Depok

Hal ini mencerminkan komitmen kuat dari kedua negara untuk terus memperkuat dan memperdalam hubungan antarwarga serta kerjasama di berbagai bidang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: