MBT Challenger 3 Inggris, Tinggalkan Depleted Uranium, Beralih Amunisi Enhanced Kinetic Energy

MBT Challenger 3 Inggris, Tinggalkan Depleted Uranium, Beralih Amunisi Enhanced Kinetic Energy

Foto : Chalengfer 3-MBT Challenger 3 Inggris, Tinggalkan Depleted Uranium, Beralih Amunisi Enhanced Kinetic Energy-Indomiliter.com

BACA JUGA:Misteri Catuvellauni, Suku Inggris yang Tangguh, Berani Menentang Kekaisaran Romawi

MBT ini akan menjadi jantung kemampuan perang Angkatan Darat Inggris dan akan menjadi bagian integral dari pencegahan Inggris.”

Meskipun godaannya mungkin adalah memilih MBT baru di pasar terbuka, seperti M1A2 SEPv3 AS atau Leopard 2 Eropa terbaru, kombinasi persyaratan biaya, jadwal, dan kemampuan, menjadikan pilihan upgrade pada Challenger 2 selalu menjadi pilihan terbaik.

Namun, dengan hanya 148 kendaraan yang dikontrak untuk ditingkatkan, dari 227 kendaraan yang ada di armada yang ada, hal ini menunjukkan penurunan jumlah MBT dalam jangka menengah.

Meskipun ada pertimbangan untuk meningkatkan jumlah ini, ukuran armada 227 Challenger 2 juga mendapat tantangan, dengan banyak kendaraan diperkirakan tidak layak operasi.

BACA JUGA:Inggris Akuisisi Kapal Selam Nuklir Virginia Class, Ternyata Pesanan Australia

Rheinmetall L55A1 120 mm

Dalam aspek fire power, meriam smoothbore Rheinmetall L55A1 120 mm akan memberikan kesamaan dalam standar NATO, memungkinkan pembagian amunisi dan kebutuhan pasokan serta membawanya ke standar aliansi NATO.

Namun, perubahan jenis meriam membawa konsekuensi pada penurunan tingkat daya hancur yang signifikan, salah satunya karena hilangnya kemampuan melepaskan amunisi depleted uranium (DU), seperti yang saat ini tersedia untuk meriam L30A1.

Menurut catatan Parlemen Inggris di tahun 2001 tentang penggunaan depleted uranium (DU) dalam amunisi tank, amunis tersebut memiliki penetrasi 10-20% lebih besar dibandingkan Tungsten dan dianggap lebih mudah diproduksi dibandingkan paduan Tungsten.

Namun, potensi risiko radiasi pada kesehatan awak yang terkait dengan penggunaan amunisi uranium, yang sudah habis juga kemungkinan besar menjadi salah satu faktornya.

BACA JUGA:Inggris Berencana Ganti Senapan Serbu SA80 Dengan KS1, Begini Spesifikasinya

Awak MBT yang terpapar terkena amunis DU, diketahui dapat menyebabkan kesehatan di ginjal (4ppm) yang melebihi ambang batas toksisitas. dan menghasilkan dosis radiasi seluruh tubuh maksimum (40-48mSv) di luar batas radiasi kerja tahunan Inggris (20 mSv/tahun).


Foto : Chalengfer 3-MBT Challenger 3 Inggris, Tinggalkan Depleted Uranium, Beralih Amunisi Enhanced Kinetic Energy-Indomiliter.com

Namun, pada bulan April 2023, Inggris menandatangani perjanjian dengan Jerman untuk mulai mengerjakan tahap berikutnya dalam pengembangan amunisi yang lebih mematikan untuk Challenger 3, dengan dukungan Kementerian Pertahanan Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: