Seperti Game Online, Pilot Sukhoi Ukraina Kendalikan Rudal Gunakan Konsol Tablet

Seperti Game Online, Pilot Sukhoi Ukraina Kendalikan Rudal Gunakan Konsol Tablet

PAGARALAMPOS.COM - Adopsi konsol tablet pada jet tempur bukan sesuatu yang asing, seperti pilot jet tempur TNI AU yang menggunakan GECO (Air) Panasonic Toughpad FZ M1.

Nah, ada kabar dari laga perang di Ukraina, disebut pilot jet tempur Angkatan Udara Ukraina menggunakan tablet sejenis iPad di kokpit pesawat tempur era Soviet.

Bukan sekedar konsol untuk mendukung fungsi navigasi, iPad di jet tempur era Soviet berperan sebagai pengendali rudal udara ke permukaan buatan Barat.

Seperti dikutip The WarZone, pengguaan iPad telah dikonfirmasi oleh Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Dr. William LaPlante. Meskipun masih banyak pertanyaan mengenai tablet ini dan cara kerjanya, telah beredar rekaman yang menunjukkan tablet tersebut dipasang di kokpit selama misi pertempuran.

BACA JUGA:Imbas Perang Ukraina, MBDA Systems Genjot Produksi Rudal Mistral

LaPlante berbicara di Global Security Forum yang digelar oleh lembaga think tank Center for Strategic and International Studies (CSIS) pada 24 April 2024.

Ketika LaPlante diminta untuk memberikan contoh program sukses yang dengan cepat dikembangkan oleh militer, salah satunya dicontohkan pasa adopsi penggunaan tablet iPad di kokpit pesawat tempur Ukraina.

LaPlante tidak memberikan rincian lebih lanjut, namun perlu dicatat bahwa sebuah video yang baru-baru ini dirilis oleh Angkatan Udara Ukraina menunjukkan Su-27 Flanker dilengkapi dengan sistem jenis ini – mungkin iPad, tetapi mungkin juga jenis tablet lain yang tersedia secara komersial.

Video yang dimaksud menunjukkan Su-27 menggunakan rudal anti radiasi AGM-88 High-speed Anti-Radiation Missiles (HARM) yang dipasok Amerika Serikat, yang telah memberikan kemampuan menekan dan menghancurkan pertahanan udara musuh.

BACA JUGA:CSIS : Cina Tempatkan Kapal Perang di Lanal Ream, Kamboja Terang Terangan Menolak

Dalam satu bagian video, dengan tampilan layar di bawah, tablet terlihat menampilkan peta navigasi, serta data lain yang tidak dapat dilihat.

Berbeda dengan Panasonic Toughpad FZ M1 yang dipasang pada bagian paha g-suite penerbang TNI AU, fakta bahwa tablet pada Su-27 dipasang secara horizontal pada dashboad, menghalangi


Foto : rudal dikendalikan dari consol tablet pr.-Seperti Game Online, Pilot Sukhoi Ukraina Kendalikan Rudal Gunakan Konsol Tablet-Indomiliter.com

instrumen utama di kokpit, yang menunjukkan bahwa tablet tersebut menampilkan berbagai data penting penerbangan, serta digunakan untuk navigasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: