4 Keistimewaan Emas dan Mengapa Mudah dilenturkan. Ternyata Karena Ini!

4 Keistimewaan Emas dan Mengapa Mudah dilenturkan. Ternyata Karena Ini!

4 Keistimewaan Emas dan Mengapa Mudah dilenturkan. Ternyata Karena Ini!--Net

Menurut ahli kimia di The Open University di Milton Keynes, Inggris, Yaitu Mike Bullivant mengatakan bahwa emas merupakan unsur logam yang paling lunak.

Bahkan Saking lunaknya, emas menurut sebuah studi University of Leeds tahun 1977 dapat menjadi lebih tipis dari panjang gelombang cahaya.

Namun yang menjadi pertanyaan, mengapa bisa begitu? Padahal Emas adalah Salah satu Hal Yang berharga didunia.

BACA JUGA:Segera Tayang 30 Mei 2024, Ini Sinopsis Film Temurun

Melansir dari Live Science, sebanyak 28 gram emas dapat ditempa menjadi lembaran berukuran dengan lebar kira-kira Hingga 5 meter.

Sedangkan untuk lapisan emas yang dikenal sebagai daun emas bisa ditempa setipis mungkin, hingga 0,000127 milimeter atau sekitar 400 kali lebih tipis dari rambut manusia.

Dari Kelenturan emas ini sendiri, mungkinan besar dihasilkan dari dua faktor: struktur atomnya dan cara atom-atomnya terikat bersama, kata Dror Fixler, seorang insinyur elektro-optik dan direktur Bar-Ilan Institute of Nanotechnology and Advanced Materials in Israel.

BACA JUGA:Yuk intip Sinopsis IF Film Komedi Fantasi Terbaru Dibintangi John Krasinski dan Ryan Reynolds

Menurutnya, struktur atom emas menghasilkan apa yang disebut struktur kristal kubik terpusat.

Dalam struktur setiap atom dikelilingi oleh 12 atom lainnya. Susunan atom dalam kisi kubik yang berpusat memungkinkan deformasi yang mudah tanpa menganggu keseluruhan struktur, Ujar Fixler.

Selain itu, emas adalah logam. Ini berarti atom-atomnya disatukan oleh ikatan logam, di mana elektron terluar dari setiap atom bebas bergerak di sekitar keseluruhan struktur material.

Awan elektron yang terdelokalisasi ini memungkinkan atom meluncur melewati satu sama lain dengan mudah, membuat logam mudah dibentuk, Tambah Fixler.

BACA JUGA:Eksplore Wisata Religi! Inilah Pesona Makam Sunan Kudus yang Masih Didatangi Peziarah

Namun tetap saja masih ada pertanyaan yang tersisa, apakah faktor-faktor tersebut cukup untuk menjelaskan kelenturan emas karena tembaga dan perak memiliki konfigurasi yang sama tetapi tidak selunak emas.

Artinya ada hal lain yang berperan yang membuat emas menjadi logam yang lunak dan mudah dibentuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: