Jejak Sejarah Situs Makam Kapal Sutton Hoo, Sosok Dikuburkan Jadi Misteri

Jejak Sejarah Situs Makam Kapal Sutton Hoo,  Sosok Dikuburkan Jadi Misteri

Foto : Misteri makam kapal.-Jejak Sejarah Situs Makam Kapal Sutton Hoo, Sosok Dikuburkan Jadi Misteri-National geographic

Para sejarawan berpendapat bahwa penguburan melambangkan masa transisi ini. Hal tersebut menandakan perubahan tetapi juga menggunakan retorika pagan yang mudah dipahami di era Kristen setelahnya.

BACA JUGA:Mengupas Kembali Jejak Sejarah Suku Dayak di Kepulauan Kalimanatan yang Miliki Kebudayaan Uniknya

Apa saja yang terdapat di dalam makam kapal Sutton Hoo?

Setelah menggali kuburan kapal Mound 1 di Sutton Hoo, para arkeolog menemukan sejumlah besar benda. Beberapa benda diyakini awalnya digantung atau disandarkan di sepanjang dinding bagian dalam kapal. Sementara yang lain ditemukan seolah-olah disusun mengelilingi tubuh orang yang dikuburkan di sana.

Sebagian besar benda yang disusun seolah-olah berada di sekitar tubuh diyakini merupakan perlengkapan pribadinya. Benda-benda inilah yang sering dianggap sebagai yang paling mewah.

Benda-benda itu sebagian besar dikaitkan dengan perajin lokal di Anglia Timur. Benda yang paling terkenal antara lain helm Sutton Hoo, tutup dompet, gesper bahu, dan gesper ikat pinggang.

Benda-benda tersebut dibuat secara lokal dan merupakan contoh utama dari jalinan “Animal Style II” dalam seni kepulauan Inggris. Namun, karya seni itu juga dipengaruhi oleh tren gaya Swediadi masa itu.

BACA JUGA:Miliki Pondasi yang Unik! Inilah Jejak Sejarah Menara Torre Garisenda Italia yang Harus Kamu Tau!

Penguburan di kapal tidak umum di Inggris, tapi umum dilakukan di Skandinavia. “Situs Sutton Hoo sebanding dengan setidaknya dua contoh di Swedia awal abad pertengahan,” tambah Sweeney.

Helmnya, khususnya, terlihat mirip dengan helm dari zaman Vendel di Swedia. Penjelasan yang mungkin untuk kesamaan gaya ini adalah bahwa Wuffingas, dinasti yang berkuasa di Anglia Timur, berasal dari Swedia.

Selain itu, ada artefak logam seperti persenjataan dan wadah minum ditemukan di samping tubuh. Barang-barang pribadi kecil tertentu – seperti sisir dan benda permainan – juga ditemukan.

Siapa yang dimakamkan di sana?

Tidak diketahui secara pasti siapa yang dimakamkan di Sutton Hoo. Asumsi yang paling diterima secara luas adalah bahwa makam tersebut adalah milik Rædwald. Ia adalah raja Anglia Timur yang hidup dari sekitar tahun 546-624 M.

BACA JUGA:Dibalik Keindahannya yang Menawan! Inilah Jejak Sejarah Letusan Gunung Papandayan

Para sejarawan mendasarkan asumsi ini pada sifat benda-benda tersebut. Fakta bahwa benda-benda yang ditemukan begitu spektakuler menunjukkan bahwa makam itu milik seorang tokoh yang sangat penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: