Setelah Danramil, Giliran Anggota Polres Yahukimo Dibunuh OTK, Jubir OPM : Serangam Kelompok Elkius Kobak

Setelah Danramil, Giliran Anggota Polres Yahukimo Dibunuh OTK,  Jubir OPM : Serangam Kelompok Elkius Kobak

"Panglima TPNPB-OPM Wilayah XVI Yahukimo di bawah pimpin Brigadir Elkius Kobak, dan pasukannya melaporkan bahwa mereka telah berhasil bunuh seorang anggota polisi di Yahukimo,” begitu kata Sebby dalam siaran pers yang diterima Republika, di Jakarta, pada Rabu (17/4/2024) dini hari.

BACA JUGA:TPNPB-OPM : Sandera Pilot Susi Air Ditukar dengan Kemerdekaan Papua Barat

“Dan Panglima Elkius Kobak bersama-sama pasukannya mengatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas pembunuhan anggota kepolisian atas nama Oktavianus Buara tersebut,” begitu ujar Sebby.

Sebby menerangkan, pembunuhan tersebut merupakan reaksi dari peningkatan situasi dalam pengerahan pasukan militer dan kepolisian di sejumlah wilayah di Papua.

Termasuk di Yahukimo, yang dikatakan Sebby dari laporan kelompoknya terjadi peningkatan-peningkatan patroli malam di Yahukimo.

TPNPB-OPM kata Sebby, pun melakukan pemantauan atas situasi tersebut dengan melakukan pengintaian.

BACA JUGA:TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Aktivis HAM : Ingin Ambil Alih Penanganan Konflik Papua

Dari pengintaian tersebut, kata Sebby, kelompok Elkianus Kobak menemukan Bripda Oktavianus Buara yang dalam pengaruh alkohol.

“Terpantau dengan jelas, bahwa Oktavianus Buara sedang dalam keadaan mabuk setelah mengonsumsi alkohol yang dijual oleh kaum imigran Indonesia di Kabupaten Yahukimo,” begitu kata Sebby.

Pasukan Elkianus Kobak, kata Sebby, sempat meminta Bripda Oktavianus Buara pulang ke rumah. Akan tetapi, Sebby mengatakan, laporan yang diterimanya, personel kepolisian tersebut tak terima diminta pulang ke rumah dan balik mengancam. “Korban mengatakan, dia seorang polisi,” ujar Sebby.

Dari pengakuan tersebut, kelompok Elkianus Kobak pun melancarkan pembunuhan. “Pasukan TPNPB-OPM melakukan penikaman terhadap Oktavianus Buara dan membuatnya meninggal di tempat,” begitu kata Sebby. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: