Megahnya Istana Alhambra, Bukti Kejayaan Kekhalifahan Nasrid di Spanyol

Megahnya Istana Alhambra, Bukti Kejayaan Kekhalifahan Nasrid di Spanyol

Foto : Istana Alhambra.-Megahnya Istana Alhambra, Bukti Kejayaan Kekhalifahan Nasrid di Spanyol-Google.com

Dengan kedatangan Nasrid, agresi dari ancaman tentara Kristen serta meningkatnya perpecahan di antara para pemimpin Islam pun mencapai puncaknya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mendirikan pangkalan militer untuk membentengi kerajaan terakhir yang tersisa.

“Seperti disebutkan sebelumnya, Granada merupakan lokasi strategis yang ideal untuk dijadikan benteng,” tambah Adams.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 4 Fakta Menarik dan Sejarah Benteng Kraton Jogja

Pendirian Istana dimulai dengan keluarnya Muhammad I dari Jaen dan ditetapkannya Granada sebagai pangkalan militer. Kota ini jauh dari perbatasan Kerajaan Castille dan memiliki pintu keluar langsung ke pantai jika terjadi keadaan darurat.

Banyak kota di sekitar Jaen sebelumnya telah ditaklukkan oleh Ferdinand III dari Castilla, sehingga Muhammad I harus merundingkan penyerahan Jaen kepada Ferdinand.

Hal ini mengakibatkan penandatanganan Perjanjian Jaen pada tahun 1246, yang menuntut agar Nasrid membayar upeti tahunan sebesar 150.000 maravedi.

Nasrid juga wajib memberikan bantuan militer kapan pun diperlukan oleh Castilla. Muhammad I menandatangani perjanjian untuk mengulur waktu bagi pembuatan dan benteng Alhambra guna memperkuat posisi militer dan pertahanan Nasrid.

BACA JUGA:Menjelajahi Maluku Dalam Sejarah Dunia, Pulau Yang Dipenuhi Benteng VOC

Meskipun umumnya disebut sebagai konstruksi tunggal, Alhambra terdiri dari banyak struktur dan menara yang rumit. Semuanya memiliki tujuan unik bagi Kekhalifahan Nasrid.

Benteng Alhambra dikenal sebagai Alcazaba dan merupakan salah satu bagian tertua istana. Para emir Nasrid awal berfokus pada memperkuat Alcazaba karena tembok pembatasnya mengelilingi Alhambra.

Di tengah meningkatnya ketegangan di sekitar Granada, menjaga para pemimpin Nasrid dan membentengi kota menjadi semakin penting.

BACA JUGA:Misteri Umur Benteng Machu Picchu di Peru

Bagaimana Kekhalifahan Nasrid memanfaatkan Alhambra?

Di dalam Alhambra, Alcazaba berfungsi sebagai kediaman utama Muhammad I dan para pengawalnya. Dinding luar mempunyai beberapa gerbang untuk masuk: gerbang Keadilan (Bab al-Syariah), gerbang Tujuh Lantai (Bab al-Ghudūr), gerbang Elvira (Bab-Ilbira), Gerbang Palsu (Bab al-Faray).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: