Megahnya Istana Alhambra, Bukti Kejayaan Kekhalifahan Nasrid di Spanyol

Megahnya Istana Alhambra, Bukti Kejayaan Kekhalifahan Nasrid di Spanyol

Foto : Istana Alhambra.-Megahnya Istana Alhambra, Bukti Kejayaan Kekhalifahan Nasrid di Spanyol-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Berdiri di atas bukit di Granada, Istana Alhambra menjadi salah satu bangunan paling megah di Spanyol. Dibangun antara tahun 1238 dan 1358, pembangunan dimulai oleh Muhammad I Ibn al-Ahmar, emir pertama Kekhalifahan Nasrid. Oleh dinasti ini, Alhambra digunakan sebagai benteng militer.

Alhambra kaya akan makna budaya yang unik. Bangunan bersejarah ini juga menjadi salah satu istana yang paling terpelihara di dunia Islam.

Siapa Nasrid dan Muhammad I?

Kekhalifahan Nasrid bukan hanya dinasti Islam (Moor) yang berkuasa paling lama di Semenanjung Iberia, tetapi juga dinasti terakhir. “Dinasti ini menjadi penguasa Emirat Granada dari tahun 1230 hingga 1492,” tulis Lina Adams di laman The Collector.

Nasrid adalah keturunan dari suku Arab Banu Khazraj yang berbasis di Madinah. Muhammad ibn Nasr I adalah pendiri dinasti ini dan salah satu warisan terbesarnya adalah pembangunan Istana Alhambra.

BACA JUGA:Benteng Merah Perkasa New Delhi: Sejarah yang Jadi Simbol Negara

Melanjutkan Kekhalifahan Umayyah, Nasrid menikmati pemerintahan yang berlangsung selama dua abad, memerintah kota bersejarah di selatan Granada.

Meskipun zaman Keemasan yang terkenal sudah sangat berkurang pada saat itu, Alhambra tetap menjadi benteng militer yang penting.

Awal berdirinya Alhambra pada tahun 1238 dipicu oleh keinginan untuk membentuk benteng militer di Granada. Istana ini dengan cepat menjadi ciri penting peradaban Islam di Spanyol. Alhambra mengawasi kota, dilindungi oleh pegunungan besar dan hutan berhektar-hektar.

Pemerintahan Nasrid di Spanyol berakhir pada tahun 1492 dengan penaklukan oleh raja Katolik Ferdinand II dan Isabel I. Raja Ferdinand II memiliki keinginan yang sama untuk merebut kembali wilayah dari umat Islam.

BACA JUGA:Budaya Kebaikan di Jalur Kuno, Uniknya Ziarah Melintasi 88 Kuil di Jepang

Setelah meluncurkan serangkaian serangan militer yang memakan waktu sepuluh tahun yang sulit, Granada menyerah pada tahun 1492. Meskipun Granada direbut oleh raja Katolik, Alhambra tetap dikenal sebagai sisa-sisa peninggalan Islam Spanyol yang bertahan lama.

Mengapa Alhambra dibangun?


Foto : Istana Alhambra.-Megahnya Istana Alhambra, Bukti Kejayaan Kekhalifahan Nasrid di Spanyol-Google.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: