Misteri Umur Benteng Machu Picchu di Peru

Misteri Umur Benteng Machu Picchu di Peru

Foto : Reruntuhan benteng.-Misteri Umur Benteng Machu Picchu di Peru-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Machu Picchu benteng Inca ikonik yang bertengger di pegunungan Peru, tampaknya lebih tua dari yang diperkirakan sebelumnya. Demikian menurut sebuah studi terbaru.

Para arkeolog percaya bahwa Machu Picchu dibangun sebagai perkebunan untuk Kaisar Inca Pachacuti. Jika catatan sejarah penjajah Spanyol menjadi patokannya.

Kaisar berkuasa pada tahun 1438, menunjukkan benteng dibangun di beberapa titik antara tahun 1440 dan 1450 tergantung pada berapa lama waktu yang dibutuhkan pasukannya untuk menaklukkan wilayah setempat.

Namun, studi terbaru mengungkapkan, situs ini kemungkinan telah selesai dibangun setidaknya dua dekade sebelumnya.

BACA JUGA:Ratu Leizu dan Legenda Penemuan Sutra dalam Sejarah Tiongkok

Seperti dilaporkan dalam jurnal Antiquity, para arkeolog menggunakan spektrometri massa akselerator yang menentukan penanggalan kerangka 26 orang yang ditemukan di tiga kuburan di Machu Picchu.


Foto : Reruntuhan benteng.-Misteri Umur Benteng Machu Picchu di Peru-Google.com

Selama penggalian di situs tersebut pada tahun 1912. Hasil penggalian ini mengungkapkan bahwa Machu Picchu diduduki dari sekitar tahun 1420 hingga 1530 M, lebih dari 20 tahun sebelum diperkirakan sebelumnya.

"Machu Picchu adalah salah satu situs arkeologi paling terkenal di dunia, tetapi sampai sekarang perkiraan kuno dan lama pendudukannya didasarkan pada catatan sejarah yang kontradiktif yang ditulis oleh orang-orang Spanyol pada periode setelah penaklukan Spanyol," kata penulis utama penelitian Profesor Richard Burger Yale University, seperti dikutip dari IFL Science.

"Ini adalah studi pertama berdasarkan bukti ilmiah yang memberikan perkiraan tentang berdirinya Machu Picchu dan lamanya pendudukannya," sambungnya.

BACA JUGA:Akibat Konflik! Situs Arkeologi di Gaza Terancam Musnah

Machu Picchu dapat ditemukan di garis patahan antara Andes Peru dan Cekungan Amazon sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut.

Situs ini terdiri dari sekitar 200 struktur, termasuk struktur seremonial dan area untuk kaum bangsawan, serta tempat tinggal bagi pekerja dan ratusan teras yang digunakan untuk pertanian.

Setelah penaklukan Spanyol atas Kekaisaran Inca pada akhir abad ke-16, Machu Picchu diletakkan di pegunungan dan tak ada yang mengetahuinya selama berabad-abad. Apalagi peninggalan itu diliputi vegetasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: