Hindari Tsunami, Puluhan Jet Tempur F-15J Eagle Di Okinawa Diparkir Rapi Ala Elephant Walk

Hindari Tsunami, Puluhan Jet Tempur F-15J Eagle Di Okinawa Diparkir Rapi Ala Elephant Walk

Foto : Ket tempur berjejer ala elephant walk.di Okinawa.-Hindari Tsunami, Puluhan Jet Tempur F-15J Eagle Di Okinawa Diparkir Rapi Ala Elephant Walk-Infomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Pada tanggal 3 April 2024, ada yang pemandangan yang tak lazim di Pangkalan Udara Naha di Prefektur Okinawa, Jepang. Yang mana puluhan jet tempur F-15J Eagle Angkatan Udara Jepang – Japanese Air Self-Defense Force’s (JASDF), berbaris layaknya sedang melakukan elephant walk.

Namun, elephant walk ini tidak dilakukan di runway, melainkan Mitsubishi F-15 diparkir berjejer rapi di jalan komplek pangkalan.

Aksi tersebut dilakukan dalam kondisi darurat, yakni karena adanya potensi gelombang tsunami yang akan menerjang Okinawa, sebagai imbas dari gempa bumi dahsyat 7,4 skala Richter yang terjadi di Taiwan.

Pada dasarnya, memastikan bahwa alutsista dan peralatan penting terlindungi dari siklus cuaca ekstrem adalah prioritas utama di setiap pangkalan militer di seluruh dunia.

BACA JUGA:Jelang Serangan Balasan Iran, Israel Bongkar Dan Pindahkan Jet Tempur F-16 Ke Fasilitas Rahasia

Pangkalan Udara (Lanud) Naha posisinya terletak di pantai Laut Cina Timur di bagian selatan Pulau Okinawa, pulau terbesar di Prefektur Okinawa Jepang.

Di Lanud Naha yang mengadopsi landasan pacu ‘karang’, setidaknya terdapat 40 unit F-15J. Selain berfungsi sebagai bandara militer, Lanud Naha juga melayani penerbangan komersial.

Puluhan armada F-15J di Lanud Naha adalah bagian dari Naha’s 9th Air Wing, yang memiliki dua skadron; Skadron Tempur Taktis ke-204 dan ke-304.

Tak lama setelah Perang Dunia II hingga tahun 1970-an, Naha adalah pangkalan utama Angkatan Udara AS. di bawah kendali operasional Pacific Air Forces (PACAF).

BACA JUGA:Israel Ciut Hadapi Perang Dengan Iran, Minta ke AS Percepat Pengiriman 25 Unit Jet Tempur F-15EX

Pihak Lanud Naha menyebut, “setelah muncul peringatan tsunami pada tanggal 3 April, kami bergegas menilai situasi kerusakan di wilayah Sakishima, dan pada saat yang sama mengevakuasi jet tempur F-15J ke tempat yang lebih tinggi untuk melindungi peralatan.”


Foto : Ket tempur berjejer ala elephant walk.di Okinawa.-Hindari Tsunami, Puluhan Jet Tempur F-15J Eagle Di Okinawa Diparkir Rapi Ala Elephant Walk-Infomiliter.com

Dikutip dari The War Zone, pihak Angkatan Udara Jepangh berkomitmen untuk terus-menerus memelihara persenjataan dan mempertahankan wilayah barat daya untuk merespons keadaan yang tidak terduga.”

Berdasarkan visibilitas yang jelas dari MRO Jepang – yang menyediakan layanan perawatan pesawat – hanggar di latar belakang foto ‘elephant walk; tersebut, dan lokasi bangunan terkait, memang berada di dekat tepi perairan, F-15J tampaknya telah ditarik dari apron timur, menuju jalan raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: