Jelang Serangan Balasan Iran, Israel Bongkar Dan Pindahkan Jet Tempur F-16 Ke Fasilitas Rahasia

Jelang Serangan Balasan Iran, Israel Bongkar Dan Pindahkan Jet Tempur F-16 Ke Fasilitas Rahasia

Foto : Jet tempur.-Jelang Serangan Balasan Iran, Israel Bongkar Dan Pindahkan Jet Tempur F-16 Ke Fasilitas Rahasia-Gudti

PAGARALPOS.COM - Imbas dari serangan udara yang mematikan ke Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah, maka Teheran telah mengumandangkan serangan balasan ke Israel. Tidak diketahui persisi kapan Iran atau proxy-nya di Timur Tengah akan melancarkan serangan balasan.

Namun Badan Intelijen Pusat atau CIA (Central Intelligence Agency) telah memberi peringatan bahwa Iran berpotensi melancarkan serangan besar-besaran.

Dengan kombinasi rudal balistik dan drone kamikaze dalam waktu dekat, bahkan ada yang menyebut dalam tempo 48 jam.

Meski sistem hanud (pertahanan udara) Israel berlapis dan terbilang canggih, namun tetap saja kemurkaan Iran kali ini telah membuat Israel jiper dan dilanda kepanikan.

BACA JUGA:Israel Ciut Hadapi Perang Dengan Iran, Minta ke AS Percepat Pengiriman 25 Unit Jet Tempur F-15EX

Nah, mengantisipasi serangan balasan yang kemungkinan menargetkan instalasi strategis, maka sejumlah antisipasi dilakukan pihak militer.

Salah satu yang viral dalam beberapa jam ini adalah terekamnya konvoi truk trailer yang bergerak di jalan raya menuju kota Eilat.

Konvoi truk tersebut membawa muatan berupa fuselage jet tempur F-16 yang ditutupi kain warna putih. Tidak diketahui persis arah konvoi yang membawa F-16 tersebut, yang jelas ke suatu tempat yang dirahasiakan.

Jet tempur F-16 dapat dibongkar pasang atau dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk perawatan, perbaikan, atau pengangkutan.

BACA JUGA:Serangan Israel Ke Pekerja World Central Kitchen Di Gaza Gunakan Drone Hermes 450 Dengan Rudal Spike

Ini adalah fitur umum dari pesawat militer modern yang memungkinkan mekanik dan teknisi pesawat untuk mengakses komponen-komponen utama pesawat dengan lebih mudah.

Dengan memisahkan pesawat menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, perawatan dan perbaikan dapat dilakukan dengan lebih efisien, dan pesawat dapat diangkut menggunakan pesawat angkut atau truk kargo/trailer jika diperlukan.

Waktu yang dibutuhkan untuk membongkar dan memasang kembali bagian dari jet tempur F-16 dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas pekerjaan, jumlah bagian yang harus dibongkar, tingkat keahlian teknisi, dan peralatan yang tersedia.

Namun, secara umum, proses ini bisa memakan waktu beberapa jam hingga beberapa hari tergantung pada skala perawatan atau perbaikan yang dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: