Tinjau Kesiapan Mudik di Banten, Kapolri : 4 Pelabuhan Ini Dipadati Pemudik

Tinjau Kesiapan Mudik di Banten, Kapolri : 4 Pelabuhan Ini Dipadati Pemudik

Foto : Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit prabowo.-Tinjau Kesiapan Mudik di Banten, Kapolri : 4 Pelabuhan Ini Dipadati Pemudik-Detik.com

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan mudik Lebaran 2024 di sejumlah titik di Provinsi Banten. Kapolri berharap perjalanan mudik masyarakat pada Lebaran tahun ini berjalan dengan aman dan lancar.

Ada empat titik yang ditinjau Kapolri dalam kesiapan mudik Lebaran 2024 yaitu Pelabuhan Merak, Ciwandan, BBJ Bojonegara, dan Indah Kiat.

Kapolri mengatakan Pelabuhan Merak menjadi pelabuhan penyeberangan yang bakal dipadati pemudik pada momen libur Lebaran nanti.

"Sebagaimana kita ketahui, Pelabuhan Merak merupakan pelabuhan penyeberangan penghubung Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera yang tentunya akan dipadati oleh masyarakat yang akan melaksanakan mudik ke arah Sumatera," kata Kapolri seusai peninjauan di Banten, Senin (1/4/2024).

BACA JUGA:Mudik Aman dan Nyaman, Karo Lenmas : Kendaraan dan Barang Berharga Bisa Titip ke Kantor Polisi

Untuk mencegah kemacetan arus mudik di penyeberangan, Polri bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian PUPR telah menandatangani SKB pengaturan lalu lintas dan penyeberangan selama masa arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2024/1445 H.

Pengaturan penyeberangan ini akan mulai berlaku pada 3 April 2024 pukul 00.000 WIB sampai 9 April 2024 pukul 24.00 WIB.

Kapolri menyampaikan telah ditetapkan bahwa ada tiga pelabuhan utama dan satu pelabuhan kontingensi di Banten, yaitu:

1. Pelabuhan Merak bagi penumpang pejalan kaki, kendaraan Gol. IVa, IVb, Va, Vb, VIa-R4, mobil bak, minibus /bus, truk ukuran sedang (5-7 m).

BACA JUGA:Agar Tak Terjebak Kepadatan Arus Lalin, Begini Pesan Dirgakkum Kepada Pemudik

2. Pelabuhan Ciwandan bagi kendaraan Gol. I, II, III, VIb, VIa-R4 R2, truk ukuran panjang (7-10 m), truk tronton/gandeng/ kendaraan alat berat (10-12 m);

3. Pelabuhan BBJ Bojonegara bagi kendaraan Gol. VIII dan IX-- Truk tronton/ gandeng/ kendaraan alat berat (12-16 m dan lebih dari 16 m);

4. Pelabuhan Indah Kiat sebagai Buffer Zone Emergency -- untuk situasi kontingensi jika terjadi kepadatan di pelabuhan Merak.

Selain itu, ASDP dan BPTD menyiapkan 50 kapal di Pelabuhan Merak, 11 kapal di Pelabuhan Ciwandan, dan 6 kapal di Pelabuhan BBJ Bojonegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: