Agar Tak Terjebak Kepadatan Arus Lalin, Begini Pesan Dirgakkum Kepada Pemudik

Agar Tak Terjebak Kepadatan Arus Lalin, Begini Pesan Dirgakkum Kepada Pemudik

Foto : Dirgakkum dalsm kesempatan talk show.-Agar Tak Terjebak Kepadatan Arus Lalin, Begini Pesan Dirgakkum Kepada Pemudik-Humas Polri

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Dalam mempersiapkan perjalanan Mudik 2024 yang lancar, aman, dan nyaman, Korlantas Polri mengimbau kepada masyarakat agar berangkat pada waktu sebelum memasuki puncak arus kendaraan terjadi.

“Dari kami (Korlantas), masyarakat coba memanage atau mengelola arus mudik dan balik,” kata Dirgakkum Brigjen Pol Raden Slamet Santoso di acara Ngobrol @Tempo terkait Kesiapan Menjelang Mudik Lebaran 2024 di Kantor Tempo, Palmerah, Jakarta, Jumat (29/4/2024).

“7,8,9 (April) kan itu puncak, kalau bisa ya sebelum sebelumnya lah (tanggal) 3,4,5 ini bisa dibagi-bagi,” tambahnya.

BACA JUGA:Tinjau Command Center, Kakorlantas Pastikan Pengamanan Operasi Ketupat Terkoordinasi

Dirgakkum juga menambahkan perihal kesiapan masyarakat mulai dari kondisi fisik, kendaraan, hingga saldo uang elektronik (e-Toll) agar tidak menjadi kendala saat melakukan perjalanan Mudik Lebaran 2024.

“Kesiapan ranmor, kesiapan diri, termasuk saldo (e-Toll) nya harus ready, dan utamakan keselamatan sesama pengguna jalan lainnya,”

Adapun, kata dia, bagi pengendara yang merasa lelah saat berkendara agar segera mencari rest area terdekat. Hal ini bertujuan agar jangan sampai pemudik memilih untuk beristirahat di bahu jalan.

BACA JUGA:Mengendarai R2, Kapolres dan PJU Cek Lokasi Pospam

“Kalau lelah, ngantuk beristirahatlah di tempat yang sudah disediakan di Pospam, Posyan, di rest area terdekat. Jangan istirahat di bahu jalan khususnya di jalan tol itu sangat membahayakan,” tutur dia.

“Karena kecepatan di jalan tol kan itu luar biasa, dia ada standar minimal dan maksimalnya. Jadi kalau istirahat, ya istirahat di tempat yang lain,” sambung dia.

BACA JUGA:Petakan Situasi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas, Jelang Ops Ketupat Musi 2024

Turut hadir antara lain, Dirut PT Airnav Indonesia Polana B Pramesti, Dirlantas Jalan Perhubungan Darat Ahmad Yani, Dir Ops PT Jasa Marga Fitri Wiyanti, dan Kepala Pemberitaan Korporat Tempo Budi Setyarso.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: