Sejarah dr Sardjito, Sosok Berjasa Pembuat Ransum Tentara, Dokter Revolusi Indonesia

Sejarah dr Sardjito, Sosok Berjasa Pembuat Ransum Tentara, Dokter Revolusi Indonesia

Fotk : Patung dr Sardjito diabadikan di museum-Sejarah dr Sardjito, Sosok Berjasa Pembuat Ransum Tentara, Dokter Revolusi Indonesia-Militer.id

PAGARALAMPOS.COM - Tentara yang sedang bertugas ke medan perang tentunya membutuhkan energi untuk bertahan. Apalagi, untuk kondisi darurat yang tidak sama seperti kehidupan sehari-hari.

Demi menjaga kebutuhan gizi, para tentara membutuhkan asupan khusus yaitu ransum tentara yang mengandung semua kebutuhan nutrisi. Tapi, makanan dan minumannya jelas lebih praktis dalam hal ukuran dan penyajiannya.

Jika Anda pernah melihat tampilan luar ransum TNI, mungkin kemasan luarnya tidak begitu menarik dibandingkan makanan minuman produksi pabrik.

Tapi, ransum untuk tentara memiliki banyak macam, yaitu makanan berat berupa nasi kemasan, enerkit (energi biskuit), enertab (energi tablet), minuman energi, minkal, viteral, dan enersup.

BACA JUGA:Ransum TNI Asupan Bergizi di Medan Tempur dengan Resep Lokal

Kadungannya sudah memenuhi kebutuhan fisik tentara, bebas MSG, dan berstatus halal. Seharusnya tidak ada yang memperjualbelikan ransum TNI secara bebas karena hal itu illegal atau melanggar hukum.

Lalu seperti apa bentuk ransum tentara pada zaman dahulu? Pada saat Indonesia masih berada dalam kekuasaan Belanda, kebutuhan bekal untuk para tentara dibuat oleh Dokter Sardjito. Perjuangannya saat itu tentu tidak mudah, karena suplai ransum sebelumnya dilakukan oleh Belanda.


Fotk : Ransum TNI-Sejarah dr Sardjito, Sosok Berjasa Pembuat Ransum Tentara, Dokter Revolusi Indonesia-Militer.id

Sempat ada kekhawatiran jika ransum buatan Dokter Sardjito memiliki bahan yang sama, maka tentara Belanda melakukan penyitaan. Itulah mengapa, ransum buatan Dokter Sadjito diberi nama ‘Biskuit Sardjito’ yang bentuknya cenderung mirip makanan tradisional.

Lalu seperti apa perjuangan Dokter Sardjito, sosok dokter militer yang juga pernah menjabat sebagai rektor?

BACA JUGA:Pengadaan Korvet Hibah Pohang Class Untuk TNI AL Telah Mendapat Lampu Hijau

Berjasa di Bidang Kesehatan, Pendidikan, sampai Militer Indonesia

Bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya, nama Dr Sardjito tentu tidak asing lagi karena menjadi nama salah sebuah rumah sakit, yaitu RSUP Dr. Sardjito.


Fotk : RSUP dr Sardjito.-Sejarah dr Sardjito, Sosok Berjasa Pembuat Ransum Tentara, Dokter Revolusi Indonesia-Militer.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: