Rogoh Kocek Dalam, Senikai US$32,4, Korps Marinir AS Borong 22 Unit F-5 E/F Tiger II Swiss

Rogoh Kocek Dalam, Senikai US$32,4, Korps Marinir AS Borong 22 Unit F-5 E/F Tiger II Swiss

PAGARALAMPOS.COM - Selain Iran, Korea Selatan, Spanyol, Thailand, Brasil, Tunisia, dan Maroko, Swiss adalah negara di Eropa yang masih eksis mengoperasikan jet tempur F-5 E/F Tiger II.

Jika dibandingkan dengan Indonesia yang menerima batch perdana F-5 E/F pada tahun 1980, maka Angkatan Udara Swiss lebih senior, lantaran mulai mengoperasikan pesawat tempur produksi Northrop itu sejak tahun 1978.

Meski berat untuk berpisah, ada kabar bahwa AU Swiss dan tim aerobatik “Patrouille Suisse” telah mengakhiri operasional jet tempur twin engine legendaris tersebut.

Seperti dikutip Swissinfo.ch (19/3/2024), Swiss telah menyerahkan unit pertama jet tempur F-5 Tiger yang dinonaktifkan kepada militer AS.

BACA JUGA:Dassault Aviation: Produksi Jet Tempur Rafale Tiga Unit Per Bulan, Kecanggihannya Seperti Ini

Pengalihan ini menandai langkah awal menuju pemenuhan kontrak yang ditandatangani pada tahun 2020 yang melibatkan 22 unit pesawat.

Swiss Federal Office for Armaments (Armasuisse) mengumumkan bahwa Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) mengambil pesawat tersebut pada 18 Maret 2024 dari Pangkalan Udara Emmen, yang mana F-5 Tiger diangkut dengan pesawat angkut Lockheed KC-130J Super Hercules.


Foto : Jet tempur F-5 tiger.-Rogoh Kocek Dalam, Senikai US$32,4, Korps Marinir AS Borong 22 Unit F-5 E/F Tiger II Swiss-Indomiliter.com

Kontrak untuk 22 unit F-5 Swiss senilai sekitar US$32,4 juta, mencakup 16 unit varian F-5E berkursi tunggal dan 6 unit varian F-5F berkursi ganda, penyerahan pesawat mencakup ground equipment, spare parts dam logistical support.

Komposisi awal jumlah F-5 E/F Tiger Angkatan Udara Swiss terdiri dari 44 unit pesawat, yang sebagian telah dijual ke Angkatan Laut AS pada tahun 2008 dan saat ini digunakan sebagai pesawat ‘agresor.’

BACA JUGA:Tiga Jet Tempur Pesanan RBAF Terbang Menuju Bahrain, F-16 Block 70 Viper Dilengkapi Senjata Canggih

Saat ini, Swiss menyimpan 25 unit F-5 Tiger dalam inventarisnya, dan 18 unit masih dalam kondisi operasional.

Pesawat ini memainkan berbagai peran dalam Angkatan Bersenjata Swiss, termasuk dalam misi target display, training, towing dan test flights.

Sekitar setengah dari armada F-5 Tiger AU Swiss digunakan oleh tim aerobatik Patrouille Suisse. Seiring modernisasi, AU Swiss sedang mempersiapkan pengenalan jet tempur stelath F-35A Lightning II yang akan tiba pada tahun 2028.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: