Kapan HP Pertama Kali Masuk Indonesia? Yuk Cari Tau Disini Sejarahnya

Kapan HP Pertama Kali Masuk Indonesia? Yuk Cari Tau Disini Sejarahnya

Kapan hp pertama kali masuk Indonesia? Yuk Cari Tau Disini Sejarahnya--

Pada akhir tahun 1999, jumlah pengguna telepon seluler di Indonesia mencapai 2,5 juta pelanggan, dengan mayoritas menggunakan layanan prabayar.

BACA JUGA:Gak Usah Bingung Lagi! Begini Tips and Tricks untuk Dapatkan Hasil Foto yang Kece di Handphonemu

Kemunculan 3G dan Era Smartphone (2000-an)

Awal tahun 2000-an membawa teknologi generasi ketiga (3G) yang memungkinkan video call. 

Layanan ini terkomersialisasi pada 2006, dan bersamaan dengan itu, ponsel pintar seperti BlackBerry, iPhone, hingga Android mulai bermunculan, mengawali era telepon genggam dengan layar sentuh (touchscreen).

Perkembangan 4G dan Mobile Internet (2014)

Pada tahun 2014, jaringan selular generasi keempat (4G) dengan teknologi LTE hadir di Indonesia, meningkatkan performa layanan mobile internet yang diperkenalkan saat era 3G. 

Jaringan 4G mendukung layanan gim mobile populer, HD TV, Video Conference, 3D TV, dan fitur lainnya yang bisa diakses di smartphone dengan internet super cepat.

BACA JUGA:Gak Usah Insecure, Kamu Bisa Coba 7 Tips Ini Agar Hasil Foto dari Handphone Gak Kalah Dengan Kamera DSLR

Era 5G dan Masa Depan (2021 dan Setelahnya)

Teknologi jaringan selular terbaru, 5G, mulai digaungkan di Indonesia sejak 2021. 

Meskipun masih dalam proses transisi dari 4G ke 5G, teknologi ini diharapkan akan memberikan layanan pertukaran data yang lebih cepat, dengan kapasitas yang lebih besar dan latensi yang lebih rendah, sehingga jeda pengiriman data semakin minim.

Artikel ini memberikan gambaran tentang bagaimana handphone telah berevolusi di Indonesia, dari alat komunikasi yang mahal dan eksklusif menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, dengan teknologi yang terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan informasi masyarakat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: